PERBEDAAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP POLA PEMENUHAN SUMBER DAYA AIR DI DESA PESAWAHAN KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO

  • SITI QOMARIYAH
  • SULISTINAH

Abstract

Abstrak
Desa Pesawahan merupakan salah satu desa di Kecamatan Tiris yang memiliki luas wilayah 624,5 Ha dengan 5 dusun diantaranya Sumanbito, Bangsal, Krajan, Asinan dan Piasaan dengan Jumlah penduduk yang tercatat pada data monografi desa sebanyak 5939 jiwa. Sumberdaya air di Desa ini menggunakan sumber air tancak yang dialirkan melalui pipa. Sumber air tancak yang sudah ada semenjak tahun 2011 hanya mengalirkan air yang sedikit setiap harinya,sehingga masyarakat harus menggunakan alternatif lain untuk kebutuhan air. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pendapatan masyarakat di Desa Pesawahan untuk memenuhi kebutuhan SDA dengan menggunakan beberapa pola pemenuhan sumberdaya air yang akan digunakan.
Jenis penelitian ini adalah survey. Lokasi penelitian di Desa Pesawahan, Tiris, Probolinggo. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2270 kepala keluarga(kk) masyarakat Pesawahan. Pemilihan sampel menggunakan probability sampling yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 16.0 for window. Uji statistika yang digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat pendapatan masyarakat terhadap pola pemenuhan sumberdaya air menggunakan Uji Chi Square х2.
Hasil penelitian uji chi square menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Disimpulkan bahwa ada perbedaan atau hubungan antara tingkat pendapatan dengan pola pemenuhan air di Desa Pesawahan, Tiris, Probolinggo.
Kata kunci: perbedaan tingkatpendapatan, polapemenuhan, sumberdayaair
Published
2018-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 48