STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA EDUKASI LEMBAH MBENCIRANG DI DESA KEBONTUNGGUL KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO

  • NUR LAILATUL MAGHFIROH

Abstract

Abstrak
Obyek Wisata Edukasi Lembah Mbencirang merupakan Obyek Wisata berbasis edukasi yang menyediakan berbagai macam atraksi edukasi pertanian sampai pada tahap siap dipasarkan. Lokasi obyek wisata ini berada di lereng Gunung Welirang dan Gunung Anjasmoro sehingga sangat potensial dikembangkan, namun dalam pengembangannya masih belum maksimal dikarenakan masih kurangnya minat wisatawan untuk mengikuti kegiatan edukasi di Obyek Wisata Edukasi Lembah Mbencirang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan Obyek Wisata Edukasi Lembah Mbencirang dengan tepat menggunakan analisis SWOT.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Obyek Wisata Edukasi Lembah Mbencirang di Desa Kebontunggul Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Teknik pengambilan sampel wisatawan menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengambilan sampel pengelola menggunakan sampling jenuh yaitu sebanyak 6 orang pengelola. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik skoring dan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perhitungan kuadran SWOT Obyek Wisata Edukasi Lembah Mbencirang berada pada kuadran I, sehingga Obyek Wisata Edukasi Lembah Mbencirang memiliki situasi yang sangat menguntungkan karena memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk meraih peluang yang ada. Strategi pengembangan yang direkomendasikan adalah strategi agresif, artinya obyek wisata tersebut dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan, dan meraih kemajuan secara optimal. Tiga alternatif strategi utama dalam pengembangan Obyek Wisata Edukasi Lembah Mbencirang yaitu meningkatkan intensitas pemasaran edukasi dengan menggunakan berbagai media pemasaran dan memperluas jangkauan pemasaran, meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola, dan melibatkan wisatawan untuk berpartisipasi aktif pada kegiatan edukasi.
Kata Kunci: Obyek Wisata Edukasi, Pengembangan, SWOT
Published
2018-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 223