DAMPAK INDUSTRI SARANG BURUNG WALET TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DUSUN TUNGGUN DESA TUNGGUNJAGIR KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

  • SIGMI SAS BUDIARTA
  • MURTEDJO

Abstract

Abstrak
Industri Sarang Burung Walet PT.Perdana Jaya merupakan satu-satunya industri yang cukup besar dalam pengelolaan sarang Burung Walet di Desa Tunggunjagir Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan. Industri Sarang Burung Walet berlokasi di Kecamatan Mantup yang merupakan daerah dengan hutan yang luas dimana menjadi habitat dari Burung Walet atau Swallow Bird’s.Adanya industri Burung Walet ini berdampak pada kehidupan masyarakat di Desa Tanggunjagir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang terjadi pada keadaan sosial ekonomi masyarakat Desa Tanggunjagir dengan menggunakan teori Talcot Parsons, William Ogburn dan Neil Smelser.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah Desa Tanggunjagir Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak industri sarang burung walet di Dusun Tunggun Desa Tanggunjagir memberikan dampak positif dan negatif terhadap masyarakat. Dari segi ekonomi industri sarang burung walet memberikan kontribusi terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Namun di sisi lain terjadi suatu perubahan sosial seperti merenggangnya hubungan sosial dan lunturnya nilai-nilai sosial dalam masyarakat yang disebabkan oleh adanya industri sarang burung walet di Desa Tunggunjagir.
Kata kunci: dampak industri, sarang burung walet, perubahan sosial, perubahan ekonomi.
Published
2018-09-05
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 399