Kajian Pengelolan Industri Batu Gamping di Kecamatan Puger Kabupaten Jember

  • ADI BAGUS JUNIANTO
  • SULISTINAH

Abstract

Abstrak
Kecamatan Puger merupakan daerah pusat Industri Batu Gamping yang berada di Kabupaten Jember dengan total jumlah 101 Industri tersebar di 3 Desa yakni, Desa Puger Kulon, Desa Grenden, dan Desa Kasiyan. Produktivitas hasil pegolahan gamping pada Industri Batu Gamping di Kecamatan Puger termasuk dalam kategori yang memiliki nilai Produktivitas diatas 100%, perbedaan Produktivitas Industri Batu Gamping pada masing masing Desa memiliki perbedaan yang signifikan. Industri Batu Gamping mempengaruhi perekonomian masyarakat Puger bahkan masyarakat di luar Kecamatan Puger juga meningkat, karena tersedianya lapangan pekerjaan baru. Dampak negatif yang ditimbulkan akibat adanya Industri ini juga banyak seperti masalah Kesehatan, pendidikan yang dibawah standart, bahkan konflik sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dari kuesioner, wawancara, observasi maupun dokumentasi diolah untuk menjawab permasalahan yang ada. Sampel 25 Industi pada Desa Puger Kulon, 15 sample pada Desa Grenden dan 10 sample pada Desa Kasiyan.
Hasil penelitian menujukan Kondisi Industri Batu Gamping di Kecamatan Puger termasuk memiliki Produktivitas yang tinggi hasil penelitian menunjukan produktivitas yang mencapai 140% pada Desa Puger Kulon, Desa Grenden 125%, sedangkan Desa Kasiyan 115%. Upah dari buruh Industri Batu Gamping di Kecamatan Puger termasuk dalam kategori Upah Minimum Kabupaten (UMK) Jember yang berada dalam nilai Rp. 1.625.000,- . rata-rata gaji buruh Industri Batu Gamping berkisar antara Rp.1.700.000,- sampai dengan Rp. 2.000.000,-. Ini tentu merupakan hal positif bagi buruh Industri Batu Gamping di Kecamatan Puger. Limbah yang dihasilkan oleh Industri Batu Gamping yang paling dikeluhkan ialah limbah hasil Pembakaran yakni Debu, selain dapat menyebabkan sakit mata debu hasil pembakaran juga mengakibatkan penyakit organ dalam khususnya paru-paru.
Kata Kunci :Produtivitas, Industri, Kondisi Sosial
Published
2018-09-13
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 176