TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG UPAYA PERLINDUNGAN LINGKUNGAN PADA AREA TANGKAPAN MATA AIR KARST GOA GREMENG, DESA UMBULREJO

  • ARINI SYAHADAH NOVITA SARI
  • EKO BUDIYANTO

Abstract

Abstrak
Kawasan karst dikenal sebagai lingkungan yang memiliki daya dukung lingkungan yang sangat rendah. Kawasan karst yang mengalami kerusakan maka sulit memperbaikinya. Kerusakan karst juga mengakibatkan pencemaran terhadap akuifer karst. Penting sekali bagi masyarakat untuk memahami karakteristik wilayahnya sebagai pengontrol mereka saat beraktivitas khususnya yang menghasilkan limbah dan yang bersifat merusak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan masyarakat tentang upaya perlindungan lingkungan karst berdasarkan lokasi tempat tinggal.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat desa Umbulrejo yang tinggal di daerah tangkapan air Goa Gremeng berjumlah 70 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah interpretasi menggunakan skala ukur pengetahuan dan mengkategori pengetahuan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat mayoritas rendah dan paling sedikit adalah sedang. Informasi yang didapatkan masyarakat desa Umbulrejo tentang lingkungan karst oleh pemerintah rendah. Warga kurang tahu pasti bagaimana cara yang dilakukan untuk mencegah atau mengurangi dampak dari aktivitas warga sehari-hari yang menggunakan mata air Goa Gremeng. Masyarakat berpengetahuan rendah menunjukkan bahwa masyarakat ini kurang informasi tentang lingkungan karst yang ditinggali. Penyuluhan untuk masyarakat berpengetahuan rendah diperlukan agar menambah wawasan tentang lingkungan karst.
Kata kunci: Karst, Pengetahuan, Masyarakat
Published
2019-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 84