KARAKTERISASI TUTUPAN VEGETASI LEMBAH ANTAR BUKIT DI WILAYAH KARST GUNUNGSEWU BAGIAN TIMUR DI KECAMATAN PONJONG

  • CINDY ALDONAVY PRABUDIMAS
  • EKO BUDIYANTO

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik tutupan vegetasi lembah antar bukit karst pada wilayah Gunungsewu tepatnya di Kecamatan Ponjong. Vegetasi pada wilayah karst memiliki peran sebagai salah satu agen filtrasi air tanah karst, sehingga pemahaman tentang karakteristik vegetasi pada bentang lahan menjadi penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Dinamika tutupan vegetasi secara multi temporal dan spektral melalui penginderaan jauh dan 2) Karakteristik lembah karst Gunungsewu bagian timur secara multi spektral melalui penginderaan jauh.
Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik spasial. Karakterisasi tutupan vegetasi dan lembah diperoleh melalui interpretasi dan analisis indeks vegetasi. Nilai indeks vegetasi dari setiap kondisi tutupan diregresikan dengan kondisi tutupan vegetasi di lapangan. Kondisi tutupan vegetasi dan penggunaan lahan di lapangan secara langsung. Lokasi sampling ditentukan melalui metode purposive dengan mempertimbangkan faktor variasi nilai spektral dan kemudahan akses di lapangan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Tingkat kerapatan vegetasi pada lokasi penelitian tergolong sedang dengan nilai spektral antara 0,3 -0,4 μm. Terjadi dinamika tutupan vegetasi dimana musim hujan kerapatan vegetasi lebih tinggi dari pada musim kemarau, hal ini terlihat dari adanya perbedaan rona pada citra. 2) Hasil karakterisasi lembah menunjukkan adanya tiga karakter lembah karst yaitu lembah basah sawah, lembah kering dan lembah badan air. Kondisi vegetasi dapat mempengaruhi kondisi kesehatan lingkungan karst, oleh sebab itu perlu dilakukannya konservasi terkait kondisi vegetasi.
Kata kunci: Kerapatan vegetasi, Karakteristik lembah, NDVI, remote sensing
Published
2020-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 137
PDF Downloads: 318