Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Muda Terhadap Pekerjaan Sebagai Petani Di Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

  • Sindy Ayu Livia Permadani Unesa
  • Dian Ayu Larasati Unesa

Abstract

Pekerjaan sebagai petani rata-rata berumur tua. Tenaga kerja generasi muda lebih memilih beralih ke sektor nonpertanian atau industri. Krisis regenerasi petani lambat laun berdampak besar. Tentunya hal ini akan menjadi masalah yang serius karena akan berimbas pada ketahanan pangan masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi muda terhadap pekerjaan sebagai petani 2) Pengaruh masing-masing faktor terhadap minat generasi muda bekerja sebagai petani di Kecamatan Panceng.

Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini mencakup generasi muda di desa Wotan dan Sukodono yang berumur 16-30 tahun. Peneliti memakai data sekunder dan data primer. Data primer didapatkan langsung dari kuesioner dan wawancara terstruktur bersama responden. Data sekunder dari instansi terkait dan Badan Pusat Statistik (BPS). Pengumpulan data penelitian dengan cara dokumentasi, wawancara terstruktur, observasi, dan angket. Hasil output SPSS 22 nilai persamaan pada tabel Coefficients didapatkan persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 10,218 + 0,395X1 + 0,368X2 - 0,280X3.

Hasil analisis data menunjukkan (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi muda untuk memilih pekerjaan sebagai petani dalam penelitian ini yaitu variabel pendidikan, pengalaman dan pendapatan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi muda untuk memilih pekerjaan sebagai petani yang memiliki pengaruh signifikan meliputi variabel pendidikan, pengalaman dan pendapatan. Faktor yang tidak berpengaruh secara signifikan meliputi variabel luas lahan.

Published
2021-06-17
Abstract Views: 616