Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Pendidikan dengan Perilaku Warga Membuang Sampah Rumah Tangga di Desa Cepokorejo Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

  • Mei Lipna Sari Unesa
  • Aida Kurniawati Unesa

Abstract

Hasil survey awal menunjukan terdapat tumpukan sampah sebesar ±25m3 di area sungai Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban yang 90% didominasi oleh jenis sampah plastik yang sulit terurai. Peneliti masih menjumpai sekitar 65% warga desa membuang kantong berisi sampah ke sungai langsung, sehingga menggeser fungsi sungai menjadi TPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara tingkat pengetahuan dan tingkat pendidikan warga dengan perilaku warga dalam membuang sampah rumah tangga di Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu survey cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4849 warga dan sejumlah 98 warga terpilih menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur dengan cara menyebar kuesioner kepada sejumlah sampel. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi Square, untuk mengetahui besaran hubungan kedua variabel menggunakan Koefisien Kontingensi.

Hasil penelitian menujukkan bahwa 74% warga berperilaku kurang baik dalam membuang sampah rumah tangga dan hanya 26% yang berperilaku baik. Latar belakang pendidikan warga lebih dominan menempuh pendidikan dasar yaitu 64% dan sebanyak 36% menempuh pendidikan sampai jenjang mengengah atas, hasil Chi Square menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel latar belakang pendidikan dengan perilaku warga dalam membuang sampah. Kategori pengetahuan warga mengenai sampah rumah tangga sebanyak 63% termasuk dalam kategori kurang baik, dan 37% masuk dalam kategori baik, hasil Chi Square menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pengetahuan dengan perilaku membuang sampah rumah tangga di Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban (p=0,038) dan relative risk =  1,6 yang termasuk dalam kategori rendah (C=0,21).

Published
2021-08-10
Abstract Views: 170