ANALISIS DAYA LAYAN FASILITAS PENDIDIKAN JENJANG SMA DI KECAMATAN MOJOWARNO KABUPATEN JOMBANG

  • Dwi Oktaviana Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Nugroho Hari Purnomo, M.Si. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kecamatan Mojowarno diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Mojowarno yang diarahkan menjadi kawasan agropolitan guna mengurangi kesenjangan kesejahteraan antar wilayah melalui pengembangan kegiatan sektor agribisnis dan peningkatan sarana prasarana kesejahteraan sosial meliputi pendidikan, kesehatan, kebudayaan dan sarana prasarana umum lainnya. Analisis daya layan dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Mojowarno di sektor pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis daya layan dan pola sebaran dari fasilitas pendidikan jenjang SMA di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuntitatif dengan analisis daya layan dan nilai layan untuk mengetahui efektifitas daya layan, analisis tetangga terdekat dan buffer untuk mengetahui pola sebaran fasiltas. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi dan studi dokumen. Data primer berupa data letak koordinat setiap fasilitas pendidikan jenjang SMA di Kecamatan Mojowarno dan data sekunder yang diperoleh dari BPS Kabupaten Jombang. Pada penelitian ini dilakukan tiga analisis yaitu analisis daya layan serta nilai layan, analisis tetangga terdekat (Nearest Neighbour Analysis) dan analisis buffer.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa daya layan fasilitas pendidikan jenjang SMA di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang terdapat 3 (tiga) desa yang efektif yakni Desa Mojowarno, Desa Mojoduwur, dan Desa Mojojejer, 16 desa lain memiliki daya layan yang tidak efektif. Pola sebaran fasilitas pendidikan jenjang SMA di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang termasuk dalam pola sebaran acak.

Kata Kunci: fasilitas pendidikan, daya layan, pola sebaran.

Published
2021-08-31
Abstract Views: 141