KAJIAN SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DARING) UNTUK PENDIDIKAN TINGGI DALAM RANGKA MENYIKAPI PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN GEOGRAFI UNESA

DISTANCE LEARNING SYSTEM STUDY (ONLINE) FOR HIGHER EDUCATION IN RESPONDING TO THE COVID-19 PANDEMIC IN UNESA GEOGRAPHIC EDUCATION S1 STUDENTS

  • Abadi - Jauhar Unesa
  • Bambang Hariyanto UNESA

Abstract

Pandemi Covid 19 menjadikan pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan. Pandemi Covid 19 juga menyebabkan perubahan tata cara belajar pada pengajar dan pelajar. Salah satunya ialah pada kegiatan belajar mengajar pada Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, Unesa. Pembelajaran tatap muka tidak dilaksanakan pada saat masa pandemi Covid 19, maka pembelajaran dilakukan secara daring. Survey pendahuluan dari 10 responden terdapat 4 (40%) mahasiswa yang suka dengan pembelajaran daring dan sisanya terdapat 6 (60%) mahasiswa yang tidak menyukai pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan solusi yang tepat guna tetap terlaksanakannya proses belajar mengajar untuk mencapai hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh minat belajar 2) Keterampilan belajar 3) Tingkah laku saat pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa selama pandemi Covid 19. 4) Kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring.

Jenis penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan angket melalui google formulir. Populasi adalah mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 Prodi S1 Pendidikan Geografi Unesa sejumlah 201 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, diambil sampel sebesar 69 responden. Teknik pengumpulan data yakni dengan cara angket dengan google form. Teknik analisis data menggunakan Chi-Square dan tabulasi silang.Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1) Minat belajar memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil kuliah daring matakuliah statistika dengan nilai p = 0,006 , 2) Keterampilan belajar memiliki pengaruh yang signifikan baik terhadap hasil kuliah daring matakuliah statistika dengan nilai p = 0,000 , 3) Tingkah laku memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil kuliah daring matakuliah statistika dengan nilai p = 0,000, 4) kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring memiliki pengaruh terhadap hasil kuliah matakuliah statistika.

Kata Kunci : pembelajaran daring, minat belajar, keterampilan belajar , tingkah laku belajar

Published
2021-10-05
Abstract Views: 250