STRATEGI BERTAHAN HIDUP KELUARGA NELAYAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN BRONDONG KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

  • Asnia Veronika Unesa
  • Bambang Sigit Widodo Unesa

Abstract

Sektor kelautan dan perikanan di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar sehingga seharusnya dapat memberi kesejahteraan bagi masyarakat pesisir khususnya nelayan.. Pandemi Covid-19 berdampak terhadap perekonomian dunia termasuk Indonesia, terutama sektor perikanan dan nelayan. Pandemi Covid-19 terhadap nelayan  berdampak pada penurunan harga ikan, distribusi ikan hasil tangkapan terhambat, modal dan biaya operasional bertambah, berkurangnya jumlah nelayan dan penggangguran bagi nelayan untuk sementasa waktu karena aturan PSBB sehingga secara langsung pendapatan keluarga nelayan ikut menurun sebesar 50%. Dampak tersebut juga dirasakan oleh keluarga nelayan di Kelurahan Brondong Kecamatan Brondong kabupaten Lamongan sehingga dibutuhkan strategi bertahan hidup keluarga nelayan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bertahan hidup keluarga nelayan keluarga nelayan di Kelurahan Brondong Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan selama pandemi covid-19.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus di Kelurahan Brondong. Subyek penelitian adalah keluarga nelayan di Kelurahan Brondong yang terdiri atas 1 informan kunci, yaitu ketua rukun nelayan, 8 nelayan sebagai informan utama dan 8 anggota keluarga nelayan sebagai informan pendukung. Penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi tentang strategi bertahan hidup keluarga nelayan, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan strategi bertahan hidup yang dilakukan keluarga nelayan selama pandemi Covid-19 adalah melibatkan peran anggota keluarga, intensifikasi pekerjaan, meminimalisir pengeluaran keluarga atau berhemat, Mencari pinjaman dengan memanfaatkan hubungan sosial dan menerima bantuan dari pemerintah.

Kata Kunci: pandemi Covid-19, strategi bertahan hidup, keluarga nelayan

Published
2022-01-06
Abstract View: 140