KAJIAN DAMPAK PENGELOLAAN TELAGA TIRTA MANUNGGAL TERHADAP PENGGUNAAN UNTUK AIR BERSIH BAGI MASYARAKAT DUSUN DROJOG DESA JATIDROJOG KECAMATAN KEDUNGPRING KABUPATEN LAMONGAN

  • Badriytun Nur Hasanah Unesa
  • Dr. Sri Murtini, M.Si. Unesa

Abstract

Telaga Tirta Manunggal digunakan sebagai sumber air untuk memenuhi keperluan penduduk Dusun Drojog, kondisi air telaga tidak dapat mencukupi sebanyak 56 % dalam pemenuhan kebutuhan air penduduk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penduduk Dusun Drojog dalam memenuhi kebutuhan air domestik (rumah tangga), 2) Pengelolaan telaga tirta manunggal, 3) Dampak kondisi telaga terhadap kehidupan masyarakat dusun drojog.

Penelitian ini merupakan penelitian survey. Responden penelitian ini yaitu dari masyarakat sekitar telaga, prangkat desa dan pengelola telaga. Populasinya dari 286 orang penduduk Dusun Drojog dengan menggunakan sampel secara proposive sampling sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara untuk mendapatkan data informasi jumlah penduduk, konsep pengelolaan telaga, serta dampak kondisi dari telaga terhadap kehidupan masyarakat, dan dokumentasi dalam pengambilan data jumlah penduduk yang menggunakan air telaga serta data volume air secara langsung. Analisis data dengan cara teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Air telaga Tirta Manunggal tidak dapat mencukupi kebutuhan air domestik penduduk Dusun Drojog per harinya karena volume tampungan air sebanyak 3.168 liter. 2) Pengelolaan telaga diterapkan untuk menjaga sumber air dengan langkah pengelolaan yang dilakukan supaya tetap terjaga dalam pelaksanaan dan evalusi sistem pengelolaan aliran air telaga ke rumah warga berjalan dengan baik. 3) Air telaga memberikan dampak positif terhadap sebagian penduduk yaitu dapat membantu meningatkan penghasilan melalui bidang pertanian dan kebutuhan air domestik, sedangkan dampak negatifnya adalah pada musim kemarau penduduk yang masih bergantung dengan air telaga mengalami kesulitan dalam mendapatkan air.

Kata Kunci: Air bersih, pengelolaan, telaga.

Published
2022-01-18
Abstract View: 56