KAJIAN PERILAKU PETERNAK SAPI PERAH DALAM MENGELOLA LIMBAH KOTORAN SAPI DI DESA GALENGDOWO KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG

  • Binti Nadila Mahmudah Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Aida Kurniawati S.Pd, M.Si Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Desa Galengdowo merupakan desa di kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang yang memiliki jumlah ternak sapi perah terbanyak di Jombang, sejumlah 1.241 ekor. Kegiatan usaha ternak sapi perah ini merupakan mata pencaharian utama bagi sebagian besar masyarakat desa Galengdowo. Hasil dari usaha ternak sapi perah ini menurut penelitian dari Supriyanto (2019:7) dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat hingga 54,29% per bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku peternak dalam menangani limbah ternak.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Populasi penelitian adalah seluruh peternak sapi perah yang berada di desa Galengdowo sebanyak 164 kepala keluarga, kemudian dengan perhitungan metode slovin didapatkan sampel sebanyak 63 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menampilkan persentase hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku peternak dalam menangani limbah ternak adalah sebesar 90% peternak yang kandangnya berjarak kurang dari 100 meter hingga 1 kilometer dari sungai, mengalirkan limbah kotoran sapi mereka ke sungai secara langsung maupun menggunakan pipa besar, sebesar 10% yang rumahnya berjarak lebih dari 1 kilometer dari sungai membuatkan septic tank untuk menampung kotoran sapi yang sudah dibersihkan dari kandang dan digunakan sebagai bahan bakar biogas.

Kata kunci: perilaku peternak, pengolahan limbah, kotoran sapi

Published
2022-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 164