Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Sistem Pernapasan untuk Kelas XI SMA RSBI

  • KHUSNA MAULIDIYAH Jurusan Biologi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penyampaian materi sistem pernapasan di SMA Negeri 1 Manyar menekankan pada pemahaman konsep, belum ada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan jarang menerapkan metode ilmiah melalui kegiatan praktikum. Sehingga kurang memberikan pengalaman belajar siswa secara langsung. Keterampilan proses membuat siswa lebih aktif dan dapat belajar mandiri dengan menggunakan metode ilmiah. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian untuk mengembangkan LKS berbahasa Inggris dengan pendekatan keterampilam proses pada materi sistem pernapasan untuk kelas XI SMA RSBI. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbahasa Inggris dengan pendekatan keterampilan proses dan mendeskripsikan kelayakan LKS berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba terbatas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada pengembangan perangkat Four-D models. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) saja. Kelayakan LKS yang dikembangkan diukur berdasarkan hasil telaah dan hasil uji coba terbatas yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah LKS berbahasa Inggris dengan pendekatan keterampilan proses pada materi sistem pernapasan. LKS ini sangat layak diterapkan di kelas RSBI. Karena LKS ini dinilai mampu melatihkan aspek-aspek keterampilan proses, yakni membuat rumusan masalah, hipotesis, menentukan variabel, menyusun prosedur percobaan, menginterpretasi data, menganalisis hasil serta membuat simpulan. Dengan skor rata-rata setiap aspek tersebut sebesar 3,60 dan berkategori sangat baik. Hasil uji coba juga menunjukkan respon positif siswa, dengan persentase respon sebesar 87%.

Kata kunci : LKS, keterampilan proses, sistem pernapasan

Published
2012-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 82