Profil LKS IPA SMP Berorientasi Active Learning dengan Strategi Belajar Mengajukan Pertanyaan

  • IIN INDAWATI

Abstract

Siswa hanya mendengarkan penjelasan materi dari guru. Selain itu, LKS yang digunakan belum bisa mengaktifkan siswa dalam bertanya dan membuat pertanyaan. Atas dasar itu maka telah dilakukan penelitian pengembangan yang berorientasi pada model 4-D dan bertujuan untuk mendapatkan LKS berorientasi  active learning dengan strategi belajar mengajukan pertanyaan dari aspek struktur penyajian, materi, dan bahasa pada materi Alat Indera Manusia. Sasaran penelitian ini adalah LKS berorientasi  active learning dengan strategi belajar mengajukan pertanyaan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, dengan hasil telaah baik dan layak digunakan (98,5%) sedangkan hasil respon siswa positif (92,96%). Simpulan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan.

 

Kata kunci: model pengembangan 4-D, active learning dengan strategi belajar mengajukan pertanyaan, Alat Indera Manusia

Published
2012-10-31
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 40