Die Verhaltene Typische der Hauptfigure in der Krimi Roman Das Versprechen von Friedrich Dürrenmatt

  • MINDHI PRATHIWI B

Abstract

Tokoh utama merupakan kunci penting dalam sebuah karya sastra. Demikian pula tokoh utama dalam roman kriminal karya Friedrich Dürrenmatt yang berjudul Das Versprechen. Dürrenmatt menulis jalan cerita roman ini dengan cara unik. Ia menjadikan dirinya sebagai  seorang tokoh utama. Ketokohannya diceritakan oleh tokoh lain yaitu Dr. H dengan nama Matthai. Keunikan tokoh utama ini menggambarkan pula keunikan kepribadiannya.

Rumusan masalah penelitian ini adalah:  (1) siapa tokoh utama roman kriminal Das Versprechen karya Friedrich Dürrenmatt dan (2) memiliki tipe kepribadian apa tokoh utama roman kriminal  Das Versprechen karya Friedrich Dürrenmatt. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menemukan tokoh utama roman kriminal Das Versprechen karya Friedrich Dürrenmatt dan (2) mendeskripsikan tipe kepribadian tokoh utama roman kriminal  Das Versprechen karya Friedrich Dürrenmatt.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah roman kriminal  Das Versprechen karya Friedrich Dürrenmatt. Data  penelitiannya  adalah kalimat-kalimat yang terdapat dalam roman kriminal Das Versprechen karya Friedrich Dürrenmatt. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penokohan Marquass dan teori tipe kepribadian milik Heymans.  

Hasil analisis data membuktikan bahwa Matthai adalah tokoh utama roman kriminal Das Versprechen karena ia sering muncul dan mendominasi cerita. Tipe kepribadian Matthai  adalah ia seorang: penggila bekerja, tidak mengenal lelah, tidak putus asa, mudah iba dan mudah terpengaruh perasaan orang lain. Kesimpulan penelitian ini ialah tokoh Matthai merupakan tokoh utama yang bersifat sentimental cenderung ke arah choleris.

Kata kunci: tipe kepribadian, tokoh utama, roman kriminal

Published
2014-01-31
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 92