Penerapan Perangkat Pembelajaran Materi Kalor melalui Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Kelas X SMAA

  • LINDA APRILIA

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan di kelas X SMAN 1 Taman ini bertujuan untuk  mendeksripsikan kelayakan perangkat pembelajaran materi kalor melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Guided Discovery, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disusun, mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran, dan mendeskripsikan respon siswa setalah mengikuti kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian pra-experimental design dengan desain penelitian One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Taman. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas eksperimen (X IPA 2). Kelayakan perangkat pembelajaran dinilai oleh dua orang ahli, yaitu dosen fisika UNESA. Hasil validasi kelayakan perangkat menyatakan perangkat pembelajaran yang digunakan untuk penelitian layak untuk digunakan. Hasil pretest dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, didapatkan hasil bahwa semua kelas berdistribusi normal dan homogeny. Selanjutnya, hasil belajar pengetahuan (posttest) dianalisis dengan mengguanakan analisis n-gain dan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dengan posttest dengan nilai t hitung sebesar 20,11 sedangkan t tabel sebesar 2,02. Karena t hitung > t tabel, maka dapat dinyatakan hasil posttest memiliki perbedaan hasil pretest. Dan berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata, didapatkan bahwa nilai posttest lebih besar dari nilai pretest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berpengaruh positif bagi hasil belajar siswa.  Pada ranah sikap, setiap pertemuan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 2,85 (baik). Pada ranah keterampilan, setiap pertemuan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 2,72 (baik). Respon siswa sangat baik terhadap pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran guided discovery.

 

Kata Kunci : Pendekatan saintifik, model pembelajaran Guided Discovery, hasil belajar

Published
2015-02-15
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 109