Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Kelas X SMAN 2 Ponorogo pada Pokok Bahasan Perpindahan Panas

  • SENDY ZULIA WITANECAHYA

Abstract

Penguasaan konsep fisika bagi siswa di tingkat SMA merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang materi di tingkat pendidikan yang lebih tinggi maupun untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tes pendahuluan yang diberikan kepada siswa kelas XI SMAN 2 Ponorogo pada materi perpindahan panas didapatkan angka miskonsepsi sebesar 32,5%. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengurangi miskonsepsi siswa adalah model inkuiri terbimbing (guided inquiry). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian one grup pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah 3 kelas dari 6 kelas X SMAN 2 Ponorogo yang dipilih secara acak dengan jumlah siswa perkelas sebanyak 38 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, angket respons siswa, dan tes miskonsepsi menggunakan skala Certaintly Respons Index (CRI). Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, analisis profil miskonsepsi siswa, analisis keterlaksanaan pembelajaran, uji Gain dan uji t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dilaksanakan dengan baik pada materi perpindahan kalor dan mendapatkan respon yang baik dan konsisten dari siswa. Sealin itu, hasil penelitian juga menunjukkan nilai rata-rata gain penurunan miskonsepsi sebesar 0,5. Berdasarkan hasil uji t dua pihak diperoleh thitung  > ttabel sehingga disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) mengurangi miskonsepsi siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo pada pokok bahasan perpindahan panas.

 

Kata Kunci : Konsep, Miskonsepsi, Inkuiri Terbimbing, Certaintly Respons Index (CRI), Fisika, Perpindahan Panas.

Abstract

Mastery of the concept of physics for students at school level is very important to support the matter at a level higher education and to applied in daily life. But introductiontest  who given to class XI SMAN 2 Ponorogo on subject  heat transfer obtained misconception of 32.5 %. One of the learning models that are able to reduce misconceptions students are guided inquiry. Type of this research is a descriptive quantitative research design with one group pretest-posttest. The subject of this research are 3 random classes from 6 classes X SMAN 2 with 38 students in each class. Research instrument who used in this research arelearning management observation sheets, response’s sheet of the students, and test using scale misconception Certaintly Response Index (CRI). The analysis of the data used is the test of normality, test its homogeneity, the profile analysis of misconception of students, analysis of implemented learning, t test two parties and n-Gain test. The result show that guided inquiry learning executed with good on any material heat transfer and get good response and consistent from students. Average value of the gain a decrease in misconception are 0.5.Based on the results of the test t two parties obtained tcount>ttable so that it is concluded that the application of guided inquiry learning reduce misconception in graders X student of  SMAN 2 Ponorogo on the subjects of heat transfer.

 

Keywords  : Concept, Misconception, Guided Inquiry, Certaintly Response Index (CRI), Physics, Heat Transfer.

Published
2015-02-15
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 195