Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Cendekia Sidoarjo

  • LUTFI SUPRIYONO BUDI PRABOWO

Abstract

Inkuiri merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis dan logis, analitis, dan mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Model pembelajaran inkuiri dapat melatihkan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu diantaranya kecakapan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Berdasarkan hal di atas penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, dan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi alat optik di kelas VIII SMP Cendekia Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian true experimen design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Cendekia Sidoarjo tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah data berupa hasil pre test dan post test keterampilan berpikir kritis siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran inkuiri dan angket respon siswa. Sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri diperoleh Gain Score yang signifikan sebesar 0,8 termasuk kategori tinggi. Selain itu berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung kelas eksperimen sebesar 3,18 dengan ttabel 2,00. Hal ini berarti bahwa  rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen memiliki hasil yang lebih baik daripada di kelas kontrol karena thitung > ttabel. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi alat optik terlaksana sangat baik dengan persentase rata-rata 85,71%. Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi alat optik di SMP Cendekia Sidoarjo mendapatkan respon dari siswa sebesar 86% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian model pembelajaran inkuiri memiliki peran dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis saat pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. 

Kata kunci: model Pembelajaran Inkuiri, Alat Optik, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Abstract

Inquiry is a series of learning activities that involve the student's ability totally to search and investigate systematicly, critical and logical , analytical , and they can formulate their own discoveries with confidence. Inquiry learning model can train and improve students' critical thinking skills that include the ability of interpretation , analysis , evaluation , and inference .Based on the explanation, authors has done an experiment with purpose to describe the feasibility of learning , increase of students' critical thinking skills , and student responses using inquiry learning model on the lesson of optic in class VIII cendekia Junior high School Sidoarjo . This experiment is a true experimental design . The population of this experiment were all of students class 8 of cendekia junior high school that consisting of 3 classes . The sample used in this experiment is a class VIII - 2 as the experimental class and class VIII - 3 as a control class .The data in this experiment is result of the pre test and post test of students' critical thinking skills test , sheet enforceability of inquiry learning and student questionnaire responses . The samples used are Normal distribution and homogeneous samples . The results show that students' critical thinking skills increase when the lesson done by inquiry learning model, Score Gain increased significantly by 0.8 includes the high category . In addition, based on the results of the analysis using t-test showed that the experimental class tcount by 3.18 by 2.00 ttable . This means that the average critical thinking skills of students in the experimental class has better results than in the control group because tcount > ttable . Learning activities using inquiry learning model in the material optical instrument executed very well with the average percentage of 85.71 % . the implementation of inquiry learning model to improve students' critical thinking skills on lesson optic in the Junior high school Sidoarjo get responses from students by 86 % with excellent category. Thus the inquiry learning model has a role to train critical thinking skills on learning physics to improve students' critical thinking skills .

Keywords : Inquiry Learning models , Optic, Critical Thinking Skills Students .

Published
2015-02-19
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 39