Penerapan Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Krian Pada Materi Perpindahan Kalor

  • ERICA DIAN RISANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan laboratorium untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor. Kegiatan laboratorium dapat menyeimbangkan antara teori dan praktik juga melatihkan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan desain “one group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA ON Fisika dengan satu kelas sampel X MIA 7. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan kegiatan laboratorium sains dengan rata-rata skor 81 (baik), penilaian kinerja skor rata-rata 86 (baik), penilaian sikap dengan skor rata-rata 85 (baik), penilaian  keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan skala gain ternormalisasi sebesar 0,66 (sedang), dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan skala gain ternormalisasi sebesar 0,69 (sedang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan laboratorium dengan menggunakan keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan dan mengalami peningkatan.

 Kata kunci:          kegiatan laboratorium, keterampilan proses sains, hasil belajar

 

Abstract

This research aims to describe activities of the laboratory to improve skills process science and learning outcomes students in the heat transfer displacement matter. The laboratory can be balance between theory and practice also the skill process of science. The design is using one group pretest-posttest design. The population in this research is a student with X MIA ON physic and one sample class X MIA 7. The methodology used observation and test. The results of research shows that feasibility science laboratory learning activities with average score 81 (good), the assessment performance average score 86 (good), the assessment attitude average score is 85 (good), the assessment skill process science students has increased with gain’s scale is 0,66 (being), and learning outcomes students has increased gain’s scale is 0,69 (being). The conclusion that the activities laboratory by using skill process of science to improve student learning in accordance with the results expected and increase.

 Keywords : laboratory activities, science process skills, and learning outcomes.

Published
2015-02-19
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 73