Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas terhadap Penurunan Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA Materi IPBA

  • LISSA AGNISA FAUZIA BM

Abstract

Hasil tes diagnostik yang dilakukan di SMA Ma’arif NU Benjeng menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa mengalami banyak kesalahan konsep pada materi IPBA misalnya 80,95% siswa menjawab bahwa Matahari berada di pusat orbit elips. Pembelajaran yang biasa dilakukan juga merupakan pembelajaran yang terpusat pada guru. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang bisa meningkatkan pemahaman siswa dan mengurangi adanya miskonsepsi. Model pembelajaran diskusi kelas menuntut siswa untuk berperan aktif, hal ini akan mempermudah pemahaman siswa tentang materi tertentu. Dengan diskusi kelas, siswa juga dapat mengungkapkan pemahaman masing-masing dan guru dapat membenahinya jika ditemukan miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran diskusi kelas terhadap penurunan miskonsepsi siswa serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan model tersebut. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dapat mengetahui miskonsepsi apa saja yang muncul pada materi ini sehingga guru dapat menentukan konsep pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experiment, dengan instrumen penelitian meliputi lembar obsevasi, lembar tes dan lembar angket.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran diskusi kelas berpengaruh positif terhadap penurunan miskonsepsi siswa. Skor miskonsepsi siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t satu pihak dan diperoleh nilai thitung adalah 22,9 lebih besar daripada ttabel yaitu 2,84. Uji Gain yang dilakukan juga memberikan hasil bahwa perbedaan antara skor pre-test dengan post-test nya termasuk dalam kategori sedang, dengan <g> bernilai 0,70. Respon siswa terhadap pengelolaan pembelajaran dengan model diskusi kelas termasuk dalam kategori baik, berarti pembelajaran ini dapat diterima dengan baik oleh para siswa.

Kata Kunci : Diskusi Kelas, IPBA, Miskonsepsi

 

 

Abstract

The results of diagnostic test performed in Ma’arif NU Benjeng Senior High School showed that more than 50% of students had many misconceptions on ESS ie 80.95% of students answered that the Sun is at the center of an elliptical orbit. Usual lesson is also a teacher-centered learning. Therefore needed the learning that can increase students understanding and reduce any misconceptions. The learning model classroom discussion requires students to be active, that will facilitate students understanding of a particular material. By classroom discussion, each of students can talk their understanding and teacher can fix it when misconceptions occurred. This research aims to determine the errors that occur in the ESS concept and contributing factors, and to determine the effect of the implementation of learning model classroom discussion to reduce student misconceptions. The benefit of this research is to know any misconceptions will appearing on the topic so the teacher can define the learning more effective and efficient. The type of study is a pre-experiment, the research instrument include observation sheets, test sheets, and a questionnaires. The research design used was One Group Pretest-Posttest Design.  The results showed that the learning model classroom discussions have a positive effect on student misconceptions. Misconception scores of students were analyzed using t-test and obtained tcount is 22.9, which greater then ttable 2.84. Gain test also gave the result that the difference of the scores between pre-test and post-test is included in the medium category, with <g> value is 0.70. Response  of students to the management of learning with classroom discussions model included in either category, that means learning received well by the students.

 

Keywords : Classroom Discussion, ESS, Misconceptions 

Published
2015-02-19
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 40