Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Kalor di SMAN 1 Pacet

  • IRHAMILLA AISYAH NOOR FIKRIYA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran inkuiri, peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah siswa setelah melakukan model pembelajaran inkuiri, serta respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Variabelbebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri dan variabel terikat adalah kemampuan siswa dalam berargumentasi ilmiah, keterlaksanaan pembelajaran, dan respons siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: a) kemapuan argumenasi ilmiah siswa pada ketiga kelas yaitu kelas X-MIA 1, X-MIA 2 dan X-MIA 4 mengalami peningkatan yang signifikan dan nilai rerata gain untuk kelas X-MIA 1 adalah 0.457 dengan kategori sedang, untuk kelas X-MIA 2 adalah 0.244 dengan kategori rendah dan untuk kelas X-MIA 4 adalah 0.539 dengan kategori tinggi      b) keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata dengan kategori sangat baik c) respons siswa dari ketiga kelas juga menunjukkan persentase tinggi dengan kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, kemampuan argumentasi ilmiah, kalor.

Abstract

This research aims to know the advisability of inquiry learning model, student’s scietific argument after doing inquiry learning model and also student respons after inquiry learning model is applied. The type of this research is preexperimental with one group pretest-posttest design. Independent variable in this reaserch is inquiry learning model and dependent variable are feasibility of learning, student’s scientific argument, and student’s response. Based on the result of this reaserch known; a) student’s scientific argument in all three classes that is X-Science 1, X-Science2 and XScience4 have increased significantly and gain score for X-MIA 1 is 0.457 at medium category, for X-MIA 2 is 0.244 at low category and for X-MIA 4 is 0.539 at medium category. b) advisability of inquiry learning model obtains average value which is in excellent category. Students’ response in all three classes also show high percentages with excellent category.

 

Keywords: Inquiry learning model, scientific argument, heat.

 

Published
2015-07-05
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 56