PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PENGUKURAN

  • MUKHLIS HIDAYATULLOH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, keterlaksanaan pembelajaran, respons siswa, capaian hasil belajar, dan hasil dari keterampilan proses yang dilatihkan terhadap perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi Kurikulum 2013 dengan melatihkan keterampilan proses sains pada materi pengukuran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak digunakan untuk SMA kelas X. Dari kegiatan penelitian diperoleh setiap komponen perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kategori sangat layak atau sangat baik dengan persentase rata-rata 85.04%, yang diperoleh dari persentase RPP 85.93%, modul dan LKS 83.80%, dan lembar penilaian 85.38%. Dari hasil keterlaksanaan pembelajaran, diperoleh persentase 97.82% dengan kategori sangat layak, uji respons siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan dengan persentase rata-rata 88.75% dengan kategori sangat layak, ketuntasan klasikal dengan persentase 100%, dan ketercapaian keterampilan proses sains berada pada persentase 91.07% dengan kategori sangat baik apabila ditinjau dari tiap-tiap keterampilan proses sains yang dilatihkan dan ditinjau dari tiap-tiap siswa.Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dilakukan dengan skala yang lebih besar, model, tujuan penelitian, dan materi yang berbeda.

 

Kata Kunci:  pengembangan perangkat pembelajaran, Kurikulum 2013, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, pengukuran.

 

Abstract

This research aimed to describe the validity, activity, student response, learning outcomes, and results of science process skills that trained against the guided inquiry teaching materials with curriculum 2013 oriented for training science process skills in measurement topic.This study using ADDIE development model (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Based on the research that has been done, developed teaching materials suitable for use in high school class X. From the research obtained each component of the teaching materials that have been developed meet the category of very decent or excellent with an average percentage of 85.04%, which is obtained from the percentage of RPP 85.93 %, modules and worksheets 83.80%, and 85.38% assessment sheet. From the results of student activity, the percentage of 97.82% was obtained with a very decent category, student's response with an average percentage of 88.75% with a very decent category, classical completeness with a percentage of 100%, and the achievement of science process skills are at percentage of 91.07% with a very excellent category when viewed from each science process skills are trained and evaluated from each student. For further research is expected to be done at a larger scale, models, research objectives, and different material.

 

Keywords:     development teaching materials, Curriculum 2013, guided inquiry, science process skills, measurement.

 

 

Published
2015-07-05
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 44