Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo

  • DANI LAKSMANA PUTRA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa setelah digunakan model pembelajaran inkuiri pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk equivalent control group design serta menggunakan 1 kelas kontrol dan 1 kelas eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X MIA 6 dan X MIA 7 SMAN 1 Waru. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas ,ketiga kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata dengan kategori baik; (2) Hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan yang diterapkan model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada hasil belajar yang diterapkan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah dengan peningkatan hasil belajar pengetahuan siswa kelas eksperimen yang signifikan dan berkategori sedang. Hasil belajar pada ranah keterampilan untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 3,68, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai 3,06. Hasil belajar sikap siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pada kategori sangat baik, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai pada kategori baik. Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata dengan kategori sangat baik. Respon siswa dari ketiga kelas juga menunjukkan persentase tinggi dengan kriteria sangat baik.

 

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, hasil belajar siswa, suhu dan kalor      

Abstract

This research aims to analyze student’s leaning outcomes after being applied inquiry learning model. Type of this research is quasi experimental with nonequivalent control group design, and it uses 1 controled class and 1 classes as experimental class. Samples are students of class X-MIA 6, X-MIA 7 SMAN 1 Waru, which had been tested normality and homogeneity tests, all three classes are distributed normally and homogeneous.  This result shows that: (1) Feasibility of inquiry learning model obtains value which is in good category; (2) Student learning outcomes which apply inquiry learning model is better than student learning outcomes which apply regularly learning model used in their school and have increased significantly at medium category. Score of skill in experimental class are 3,68, whereas score of skill in control class is 3,06. Attitudes average score in experimental classes belong to excellent category, whereas attitudes average score in controled class belong to good category; Attitudes’ average score in all three classes belong to excellent and good category. Feasibility of inquiry learning model obtains average value which is in excellent category. Students’ response in all three classes show high percentages with excellent category.

 

Keywords: Inquiry learning model, student learning outcomes, head

Published
2016-07-24
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 52