PENGARUH PENERAPAN ZONA ALFA DENGAN KEGIATAN BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS VIII SMP ISLAM KREMBUNG SIDOARJO

  • KHUSNUL KHULUQIYAH Pendidikan Fisika FMIPA UNESA

Abstract

The research that had been done is about theinfluence of the alpha zoneapplication with brain gym activities to student’s learning outputs. The research is quantitative research true experimental design with randomized control group pretest posttest design which purposes to desribe thedifferencesbetweenstudent’s learning outputs that applied the alpha zoneusing brain gymactivitiesin the materialof opticaldevices lessonwith thestudent’s learning outputswhich did notapply it. The population in this research is the VIII class in SMP Islam Krembung Sidoarjo, with VIII-Aclass and VIII-Bclass as its sample. The result of normality test was gotten that two classes normally distributed with x2count <x2tabel (a = 0.05) and the result of homogenity test state that Fcount< Ftabel (a = 0.05). By manipulating the apperception of alpha zone and controling the lesson and learning model, we got the result of posttestthat will be analist by using t-test one side. T-testresults state thatt'≥ t(α =0.05)showedthat the student’slearning outputs in theexperimental classis better thanthe controlclass. So, the student’s learning outputs in VIII class in SMP Islam Krembung Sidoarjo when they studied optical devices lesson by appliying the alpha zone with brain gym activities is better than the student’s learning outputs that did not use it.

Keywords: Alpha Zone, Brin Gym, Learning Outputs, Optical Devices

Abstrak. Penelitian yang telah dilakukan adalah tentang pengaruh penerapan zona alfa dengan kegiatan brain gym terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true eksperimental design dengan desain penelitian randomized control-group pretest posttest design yang bertujuan mendeskripsikan perbedaan antara hasil  belajar siswa yang menerapkan zona alfa menggunakan kegiatan brain gympada materi alat-alat optik dengan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Krembung Sidoarjo sedangkandalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan VIII-B.Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh dua kelas terdistribusi normal dengan X2hitung<X2tabel (α = 0,05) dan dari hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel (α=0,05). Dengan memanipulasi apersepsi zona alfa dan mengontrol materi dan model pembelajaran diperoleh hasil posttest yang kemudian dianalisis dengan uji-t satu pihak. Hasil uji-t pihak kanan diperoleh t’≥t (α = 0,05) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Krembung Sidoarjo pada materi alat-alat optik yang menerapkan zona alfa dengan kegiatan brain gym lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak menerapkan.

Kata-kata kunci: Zona Alfa, Brain Gym, Hasil Belajar, Alat-Alat Optik

 

Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 95