PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X DI SMAN I GONDANG TULUNGAGUNG

  • Khoirun Nisa
  • - Wasis

Abstract

Dalam menghadapi era global, setiap individu dituntut untuk mengembangkan kapasitasnya secara optimal, kreatif, dan menghadapkan diri ke dalam situasi yang bervariasi dan cepat berubah. Pendidikan memiliki peran sentral dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan salah satu tujuan pendidikan nasional yaitu membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif. Namun dalam praktek pembelajaran fisika di lapangan diketahui bahwa siswa mendapat kesulitan dalam menyelesaikan soal yang menuntut jawaban kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan psikomotor, dan afektif serta respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Dalam pembelajaran ini, siswa dilatih untuk menyelesaikan soal/masalah dengan beberapa cara penyelesaian. Desain penelitian menggunakan true eksperimental design. Setelah melalui uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa varians populasi berdistribusi normal dan homogen. Sampel penelitian dipilih secara random sampling. Berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh pendekatan Open-Ended terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan hasil analisis nilai posttest dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung sebesar 3,60 dengan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel maka rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Selain itu, untuk kemampuan psikomotor dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung sebesar 1,72 dan untuk kemampuan afektif diperoleh thitung sebesar 2,19 dengan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel maka rata-rata kemampuan psikomotor dan afektif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Berdasarkan analisis respons siswa diperoleh respons positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Open-Ended dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Listrik Dinamis di SMAN I Gondang Tulungagung.
Kata Kunci : Pendekatatan Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Listrik Dinamis
Abstract
In facing the era of globalitation, each of individuals indicted in order to develop a capacity optimally, creative, and bring themselves to the varied and rapid change. Education has a central role in improving the quality of human resources in accordance with one aims of national education that building and applying information and knowledge logically, critically, creative and innovative. But in practice of physics lesson known that students had difficulty in solving problems that demanded the creative answers. The study is to describe the exercise of learning, the ability to think creatively, the psychomotor, and affective ability also the students response of learning that use open-ended approach. In this approach, students are trained to resolve problems with some way to a settlement. A study using true experimental designs. After going through the homogenity and normality test, obtained that the variance of population had normal and homogeneous distribution. A sample of the research singled out random sampling. Based on the results of the observations of learning exercise obtained that the open-ended approach done very well. Based on the analysis result of posttest with one part t-test found that tcount of 3,60 with ttable of 1,67. Because of tcount > ttable so the average of the creative thinking ability of experiment class better than the average of the creative thinking ability of control class. Besides, for psychomotor with one part t-test found that tcount of 1,72 and for affective found that tcount of 2,19 with ttable of 1,67. Because of tcount > ttable so the average ability of psychomotor and affective of experiment class better than control class. Based on the analysis of students response gained positive response to the open-ended approach. Thus, may conclude that the open-ended approach can be used to improve the students ability to think creatively at dynamical electricity in SMAN I Gondang Tulungagung.
Keywords: Open-Ended Approach, Ability to Think Creatively, the Dynamical Electricity
Published
2013-11-01
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 35