PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN LAB VIRTUAL PhET PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI SMAN 1 KUTOREJO

  • ZAINUL FATIK

Abstract

Physics is one branch of IPA (science) that underlie the development of advanced technology and the concept of living in harmony with nature. Physics aims to make the students have the ability, among others: developing the experience to be able to formulate the problem, propose and test hypotheses through experiments, designed the experiment instruments, collect, process and interpret data and communicate the results of the experiment orally and in writing. But that goal has not been optimal in SMAN 1 Kutorejo. It can be seen from the problems that exist in SMAN 1 Kutorejo the students think physics is difficult and learning the less interesting because the teacher only to deliver only declarative knowledge and lack of available tools to do the practicum. So that the learning instrument used in the absence of laboratory activities. Based on the literature study has been done, one attempts to solve the above problems is to use virtual lab PhET, through the development of learning physics with virtual lab PhET. The purpose of this study was to determine the feasibility of the learning instrument with a virtual lab PhET on the matter of electromagnetic waves in SMAN 1 Kutorejo developed and to determine the response of students towards learning to use these learning instrument. Descriptive data analysis conducted for the qualitative and descriptive quantitative study for the validation of the feasibility study and student responses. The results showed that the learning with virtual lab developed PhET was "feasible" is used in the process of learning in the classroom.

Keywords: Learning Instrument, PhET, Electromagnetic Waves

Abstrak. Fisika merupakan salah satu cabang IPA (sains) yang mendasari perkembangan teknologi maju dan konsep hidup harmonis dengan alam. Fisika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan antara lain : mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis. Namun tujuan tersebut belum optimal di SMAN 1 Kutorejo. Hal ini dapat dilihat dari permasalahan yang ada di SMAN 1 Kutorejo yaitu siswa menganggap fisika itu sulit dan pembelajaran yang kurang menarik karena guru hanya menyampaikan pengetahuan deklaratif saja dan kurang tersedianya alat untuk melakukan praktikum. Sehingga perangkat yang digunakan tanpa adanya kegiatan laboratorium. Berdasarkan studi pustaka yang telah dilakukan, salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan lab virtual PhET, melalui pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan lab virtual PhET. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat dengan lab virtual PhET pada materi gelombang elektromagnetik di SMAN 1 Kutorejo yang dikembangkan dan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat tersebut.. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk hasil telaah dan deskriptif kuantiatif untuk hasil validasi terhadap kelayakan perangkat pembelajaran dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan lab virtual PhET yang dikembangkan telah ”layak” digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Kata-kata kunci: Perangkat Pembelajaran, PhET, Gelombang Elektromagnetik.
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 167