PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN STRATEGI BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS KELAS XI DI SMA NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO

  • ALFADINA WISUDAWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran fisika berdasarkan strategi Brain Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi elastisitas terhadap keterlaksanaan proses pembelajaran, keterampilan berpikir kritis dan respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain control group pre-test and post-test design serta menggunakan replikasi 3 kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, yang berjumlah 6 kelas. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas untuk penentuan sampel, digunakan 3 kelas eksperimen  dan 1 kelas kontrol yang sudah terdistribusi normal dan homogen yaitu kelas XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5, dan XI IPA 6. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu pembelajaran fisika berdasarkan strategi  Brain Based Learning, variabel terikat yaitu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa, serta variabel kontrol yaitu guru, waktu pembelajaran, dan materi elastisitas. Diketahui bahwa hipotesis yang diajukan, H0 yaitu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa tidak signifikan, dan H1 yaitu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa signifikan. Berdasarkan analisis uji-t peningkatan (gain), diperoleh H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada keempat kelas yaitu kelas XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5, dan XI IPA 6 mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 70%. Hasil tersebut didukung oleh keterlaksanaan pembelajaran fisika berdasarkan strategi Brain Based Learning yang berkategori baik dengan nilai persentase sebesar 79%. Respon siswa dari ketiga kelas juga menunjukkan persentase tinggi dengan kriteria baik, respon siswa tertinggi terdapat pada pernyataan pertama, yaitu siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan pernyataan keempat, yaitu siswa lebih termotivasi dengan diskusi kelompok untuk bisa menentukan kesimpulan. Persentase masing-masing pernyataan adalah  83% dan tergolong baik sekali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fisika berdasarkan strategi Brain Based Learning pada materi elastistas dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo.

Kata Kunci : Strategi Brain Based Learning, keterampilan berpikir kritis, dan elastisitas.

Published
2014-04-09
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 89