PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON DI KELAS X SMA WAHID HASYIM 4 SIDOARJO

  • MOHAMAD SOLIKIN

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMAWahid Hasyim 4 Sidoarjo diketahui bahwa sekolah tersebut belum menerapkan pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengetahui manfaat dari belajar fisika yang dapat memotivasi siswa untuk belajar. Oleh sebab itu, peneliti menerapkanquantum teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan hukum Newtondi kelas X SMA Wahid Hasyim 4 Sidoarjo. Rancangan penelitian ini adalah pra experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Wahid Hasyim 4 Sidoarjo berjumlah dua kelas. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen (X-1) dan satu kelas kontrol (X-2). Hasil pretest dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas dan homogenitas didapatkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis  uji-t dua pihak didapatkan thitung kelas X-1 adalah 2,36 dengan ttabel sebesar 2,03. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol karena thitung tidak berada pada -ttabel< thitung< ttabel. Nilai thitung pada uji-t satu pihak kelas X-1sama dengan thitung pada uji-t dua pihak dengan ttabel sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar  kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol karena thitung > ttabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pengelolaan quantum teaching pada kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan baikdan siswa mempunyai responssangat kuat terhadap penerapan quantum teachingpada mata pelajaran fisika pokok bahasan hukum Newton.

 

Kata Kunci:Quantum teaching, hasil belajar siswa, dan hukum Newton               

 

 

 

Abstract

Based on the results of observation conducted by researcher at SMA Wahid Hasyim 4 Sidoarjo, known that the school has not implemented learning that can help students to learn the benefits of studying physics which can motivate students to learn. Therefore, researcher applied quantum teaching. The purpose of this study is to describe the influences of quantum teaching on students’s learning outcomes with Newton's laws as the main subject on class X SMA Wahid Hasyim 4 Sidoarjo. The study planning is true experimental design. The study population is all students of class X SMA Wahid Hasyim 4 Sidoarjo amounted to two classes. The study sample consisted of one class of experimental (X-1) and control class (X-2). Pretest results are analyzed with test of normality and homogeneity . Based on the analysis of normality and homogeneity test found all classes are normally distributed and homogenized. Based on the results of t-test analysis of the two sides, obtained tcount in class X-1 is 2.36 with 2.03 as ttable. This represents that the average of learning outcomes of experimental class different with control class because tcount is not stand on -ttable< tcount<ttable . The value of tcount at t-test on one side class X-1 is similar to tcount at t-test on two sides with 1.67 as ttable. This represents that the average of learning outcomes of experimental class more better than control class because tcount> ttable. The results showed that realization to the management of the quantum teaching on learning activities are well done and the students have a very strong response to the application of quantum teaching on physics with Newton's law as the main subject.

 

 

Keywords: Quantum teaching, students’s learning outcomes, Newton’s law.

 

 

 

Published
2014-04-09
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 28