PENERAPAN STRATEGI BELAJAR LINK MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 GEDANGAN SIDOARJO

  • HILDA CAROLINA MACHFUD

Abstract

Abstrak

Pelajaran fisika merupakan salah satu pelajaran yang memiliki banyak konsep, namun fakta di lapangan siswa masih kurang menguasai konsep yang ada. Salah satu penyebabnya adalah siswa tidak memiliki catatan yang baik untuk belajar sehingga informasi yang diterima kurang sistematis. Hal ini dikarenakan siswa cenderung malas untuk mencatat seperti halnya yang terjadi di salah satu kelas VIII di SMPN 2 Gedangan Sidoarjo, siswa bergantung pada informasi dari slide power point saat guru mengajar. Tidak adanya catatan yang baik ternyata turut berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi belajar link map sebagai catatan terhadap hasil belajar siswa, hasil link map yang dibuat, dan respon siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design, dengan instrumen penelitian meliputi lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes evaluasi, dan lembar angket. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Gedangan Sidoarjo, sedangkan sampel yang diambil kelasĀ  VIII C, VIII D, VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelasĀ  VIII G sebagai kelas kontrol. Sampel diambil secara acak. Dari hasil penelitian diperoleh persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi belajar link map mendapatkan rata-rata total 79% dan termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan untuk analisis hasil link map oleh siswa menunjukkan bahwa 90% siswa kelas eksperimen 1 dan 80% kelas eksperimen 3 membuat link map dengan baik. Pada kelas eksperimen 2 siswa yang membuat dengan baik hanya 48% saja. Hasil belajar siswa di tiga kelas eksperimen tersebut menunjukkan hal yang sangat menarik. Hasil belajar kelas eksperimen 1 dan 3 memiliki nilai rata-rata 83. Hal ini menunjukkan link map memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar. Namun hal yang tidak terduga terjadi pada kelas eksperimen 2. Siswa kelas eksperimen 2 yang membuat link map hanya kurang dari separuh jumlah siswa ternyata juga memiliki nilai rata-rata yang baik, yakni 85. Tentu saja hal tersebut menjadi temuan bagi penelitian ini, bahwa ada kemungkinan munculnya faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas eksperimen 2. Sedangkan analisis hasil respon siswa terhadap penerapan strategi belajar link map secara umum baik yang ditunjukkan pada respon siswa tertinggi terdapat pada pernyataan pertama yaitu pembelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi menyenangkan dan tidak membosankan dengan persentase sebesar 83,33%.

Kata Kunci : strategi belajar link map dan hasil belajar.

Published
2014-04-12
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 32