PENGARUH PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR  SISWA KELAS X PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR  DI SMA NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO

  • ALI ZULKARNAIN

Abstract

Abstract

To achieve success in physics learning, one effort that have to do is to understand the concepts of physics, because by understanding the concepts of physics can influence student’s learning achievement. In order to students could more easily understand the concepts of physics and its application then applied to the direct teaching modelwith inquiry approach. This research aimed to describe the effect of the application of direct teaching model with inquiry approach to learning management, learning achievement and students responses. This type of research used true experimental design, with the research instruments involved observation sheets, test sheets and questionnaires sheets. The research design used a control group pre-test and post-test design. The population in this research is  all of students grade X of SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, while samples taken classes X-1, X-2, and X-3 as the experimental class and class X-5 as the control class. The samples were taken by random. From the results of this research were obtained feasibility analysis of learning get atotal average of 3,48 and included in good criteria. While for the analysis of cognitive and psychomotor aspects of student obtained final markscontinued i.e.84,27; 82,56; 81,95; and 72,54. For the cognitive aspects of student’smarks analyzed using t-test two sidesand one side obtained result that student learning achievement in the experimental class is better than student learning achievement in the control class. While for the analysis results of student responsesto the direct teaching model with inquiry approach is generally good, this is shown in the highest studentresponses occured on the third statementi.e. students are more active by learning and the fifth statement i.e  students more motivated to learn with each percentage amount of 89% and belong quite good.

Keywords : direct teaching model, inquiry approach, and learning achievement.

 

Abstrak

 

Untuk mencapai keberhasilan dalam belajar fisika, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah memahami konsep fisika, karena dengan memahami konsep fisika dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Agar siswa lebih mudah memahami konsep fisika dan aplikasinya maka diterapkanya model pengajaran langsung dengan pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pengajaran langsung dengan pendekatan inkuiri terhadap pengelolaan pembelajaran, prestasi belajar dan respons siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design, dengan instrumen penelitian meliputi lembar obsevasi, lembar tes dan lembar angket.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah control group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMAN 1 Wonoayu Sidoarjo, sedangkan sampel yang diambil kelas X-1, X-2, X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil secara acak atau random. Dari hasil penelitian diperoleh analisis keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan rata-rata total 3,48 dan termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan untuk analisis aspek kognitif dan aspek psikomotor siswa diperoleh nilai akhir berturut-turut untuk kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, kelas eksperimen 3 dan kelas kontrol berturut-turut yaitu 84,27; 82,56; 81,95; dan 72,54. Untuk nilai aspek kognitif siswa dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak diperoleh hasil bahwa prestasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa di kelas kontrol. Sedangkan untuk analisis hasil respons siswa terhadap model pengajaran langsung dengan pendekatan inkuiri secara umum baik, hal ini ditunjukkan pada respons siswa tertinggi terdapat pada pernyataan ketiga yaitu siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan pernyataan kelima siswa lebih termotivasi untuk belajar dengan persentase masing-masing sebesar 89% dan tergolong baik sekali.

Kata Kunci : Model pengajaran langsung, pendekatan inkuiri, dan prestasi belajar.

Published
2014-04-19
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 17