Pemanfaatan Media Visualisasi Phet Simulations sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Tunarungu pada Materi Listrik Dinamis

  • ALFFINA NURHASANAH

Abstract

Abstrak

Berdasarkan pasal 31 ayat 1 yang menyatakan bahwa pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia. Tidak terkecuali siswa yang mengalami hambatan dalam pendengaran (tunarungu). Oleh sebab itu, peneliti mencoba menggunakan media visualisasi phet simulations dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pemanfaatan media visualisasi phet simulations sebagai upaya mengatasi kesulitan belajar siswa tunarungu pada materi listrik dinamis dan respon siswa.  Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data berdasarkan model Miles dan Hiberman (dalam Pasarela 2012 : 44). Data yang diperoleh akan dikumpulkan lalu direduksi kemudian disajikan dan pada akhir tahapnya ialah verifikasi (disimpulkan). Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah kesulitan belajar utama yang dialami siswa ialah miskinnya perbendaharaan kata-kata yang dimiliki siswa sehingga siswa tidak mampu memahami dengan cepat kata-kata yang dirangkai dalam kalimat. Didukung dengan jadwal pelajaran IPA yang hanya diajarkan sekali dalam seminggu dan kebiasaan menggunakan bahasa isyarat yang lebih dominan dibandingkan bahasa oral membuat semakin lemahnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, media phet simulations diberikan sebagai media pembelajaran dalam kelas karena media tersebut merupakan media bergambar yang memiliki tampilan menarik dan siswa memberikan respon yang positif. Didukung dengan hasil evaluasi siswa yang lebih baik dari sebelumnya menandakan bahwa media ini layak dan cocok digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa tunarungu.  Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan media visualisasi phet simulations dapat digunakan sebagai upaya mengatasi kesulitan belajar siswa tunarungu pada materi listrik dinamis dan siswa memberikan respon positif.

 

Kata kunci : siswa tunarungu, kesulitan belajar, phet simulations, listrik dinamis.

Abstract

Based on section 31 part 1 in UUD 1945 states education is right of everyone in Indonesia. Belongs to student with special needs is like deaf students. That’s why has been done a research to try phet simulations as a visual media to the deaf students. This aim of this research is to describe the result of phet simulations visual media using to solve deaf student problem in studying at electricity matter and the students’ response. This research use qualitative descriptive method by using data analyzing technique from Miles and Hiberman (in Pasarela, 2012 : 44). Data will be collected, then reduction step, then be presented, and for the last will be verified (be concluded). The result is the main studying difficulty of students is poor of words so that the students can’t understand the words in sentences as soon as possible. Moreover, the schedule of science is only once in a week and student prefers to use sign language than oral language, that makes student poorer in words and sentences. That’s why phet simulations media is given as learning media in class because this media consist of lots picture and has interested slide and the students give positive response. It’s supported by evaluation result that shows good changing so that means this media is good and suitable as learning media to deaf student. From data analysis of research, be got conclusion that phet simulations visual media using can be used as effort to solve studying difficulty of deaf student in dynamic electricity matter and the students give positive response too.

 

Keywords: deaf student, studying difficulty, phet simulations, dynamic electricity

Published
2014-05-01
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 58