Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) yang Berorientasi pada Kurikulum 2013 untuk Materi Gerak Melingkar Beraturan di Kelas X SMA Negeri 3 Tuban

  • SILVIA EKA NURIL LAILI AGUSTIN

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berorientasi pada kurikulum 2013, mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan mengetahui respon siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-test and post-test group. Objek penelitian diberikan pre-test sebelum treatment dan kemudian diberikan post-test setelah treatment. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test didapatkan nilai t pada setiap kelas menggunakan uji t-signifikasi sebesar 15,758; 8,677; 32,981; dan 15,933. Keempat nilai t tersebut lebih besar daripada ttabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berorientasi pada kurikulum 2013 dapat meningkat secara signifikan dan presentase skor gain ternormalisasi mencapai kategori tinggi. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berorientasi pada kurikulum 2013 terlaksana dengan baik. Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.

Kata Kunci: kooperatif tipe STAD, kurikulum 2013

 

Abstract

This study aimed to describe the feasibility of cooperative learning model type STAD oriented in curriculum 2013, describing student learning outcomes, and evaluate response of the students. This study design using pre-test and post-test group. The object of research is given a pre-test before treatment and then given a post-test after treatment. Based on the results of pre-test and post-test t value obtained for each class using a t-test of significance for 15.758 ; 8.677 ; 32.981 ; and 15.933. Fourth value of t is greater than t table. Therefore, it can be concluded that student learning outcomes after the implementation of cooperative learning model type STAD oriented in curriculum 2013 can be improved significantly and the percentage of normalized gain scores reaching the high category. Learning activities using cooperative learning model  type STAD oriented in curriculum 2013 come to fruition. Students responded positively to the learning undertaken.

Keywords : cooperative learning type STAD, curriculum 2013

Published
2014-05-01
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 47