Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Denanyar Jombang pada Materi Elastisitas

  • FINA SETIANA PUTRI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran guided discovery berbasis kegiatan laboratorium, peningkatan hasil belajar siswa, respon siswa dan mengkaji berbagai kendala saat menerapkan pembelajaran guided discovery berbasis kegiatan laboratorium pada materi elastisitas di kelas X MAN Denanyar Jombang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas X-7, X-10 dan X-12. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis  n-gain score dan uji t-gain diperoleh rata-rata hasil belajar siswa meningkat signifikan. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran guided discovery berbasis kegiatan laboratorium terlaksana dengan baik dan mendapat respon baik dari siswa. Kendala yang dihadapi berkaitan dengan waktu, tempat dan ketersediaan alat.

 

Kata kunci : guided discovery, kegiatan laboratorium, hasil belajar, elastisitas

 

Abstract

The purposeof research is to describe learning activities using guided discovery learning based laboratory activities, increasing student learning outcomes, student responses and recite the obstacles while applying guided discovery  learning based laboratory activities on the elasticity material in tenth class Denanyar MAN Jombang . Type of research is descriptive quantitative. The research’s subjects are  X-7, X-10 and X-12. The research design is used one group pre-test post-test design. Based on the results of studies using n-gain score and t-gain, showed that the average scores obtained increased student learning outcomes sinificantly. Learning activities using guided discovery learning based laboratory activities carried out well and get good response from the students. The obstacles when using guided discovery learning based laboratory activities related to time , place and availability of tools.

 

Keywords : guided discovery, laboratory activities, learning outcomes, elasticity

Published
2014-05-24
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 29