Identifikasi Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fluida Statis dengan Modifikasi High-α Binaural Beats dan Guided Problem Solving

  • HENGKY HERDIANTO

Abstract

 

Abstrak

Pembelajaran Fisika dilaksanakan secara inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja, dan bersikap ilmiah. Fakta menunjukkan nilai Ujian Tengah Semester ganjil SMAN 1 Krembung sebagai indikator hasil belajar siswa masih rendah. Pembelajaran fluida statis merupakan salah satu materi fisika yang memerlukan keterampilan berpikir kritis yang dilaksanakan dengan modifikasi metode High-α Binaural Beats dan Guided Problem Solving. Profil berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menggunakan modifikasi High-α Binaural Beats dan Guided Problem Solving adalah: (1) ketercapaian indikator berpikir kritis berubah atribut dari memilih kemungkinan yang akan dilaksanakan menjadi membuat generalisasi; (2) ketercapaian taksonomi berpikir kritis berubah atribut dari keterampilan penalaran verbal menjadi keterampilan berpikir hipotesis; (3) ketercapaian kecakapan berpikir kritis berubah atribut dari penafsiran menjadi regulasi diri; (4) kategori berpikir kritis siswa berubah dari kategori kurang menjadi sedang yang disertai dengan perolehan gain peningkatan kategori sedang;                           (5) terdapat pengaruh penerapan modifikasi High-α Binaural Beats dan Guided Problem Solving terhadap kompetensi berpikir kritis siswa dengan kategori sangat kuat; (6) modifikasi High-α Binaural Beats dan Guided Problem Solving efektif meningkatkan berpikir kritis siswa pada rentang level High-Alpha 20-85 serta Guided Problem Solving efektif pada rentang efek GPS 65-75.

 

Kata kunci: berpikir, kritis, High-Alpha, GPS

 

 

Abstract

Physics learning doing by scientific inquiry to roused thinking ability, working, and scientific attitude. In fact, show that score of middle exam of odd semester in SMAN 1 Krembung as students’ learning outcome indicator still low. Learning on static fluid was one of physics subject need of critical thinking skills doing by modification of High-α Binaural Beats method and Guided Problem Solving. The profile of students’ critical thinking in the learning use modification of High-α Binaural Beats and Guided Problem Solving were: (1) the feasibility critical thinking indicator improving attribute from choosing possibility to making generalize; (2) the feasibility of critical thinking taksonomy improving attribute from verbal thinking to hypothesis thinking skills; (3) the feasibility of critical thinking skills improving attribute from interpretation to self regulation; (4) the category of students’ critical thinking improve from low categories to middle categories by the result of gain improvement in the middle categories; (5) there is an influence in applying modification of High-α Binaural Beats and Guided Problem Solving toward students’ critical thinking with strong categories correlation; (6) modification of High-α Binaural Beats and Guided Problem Solving efective to increase students’ critical thinking on High-Alpha 20-85 levels and Guided Problem Solving effect on GPS 65-75.

 

Keywords: thinking, critical, High-Alpha, GPS

 

Published
2014-05-24
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 48