Penerapan Pembelajaran Dengan Model Guided Discovery Dengan Lab Virtual PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Tuban Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas

  • RIZAL BAGUS SYAIFULLOH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery dengan lab virtual PhET terhadap hasil belajar siswa, aktivitas siswa, respon siswa serta kendala-kendala yang dihadapi peneliti saat diterapkannya model pembelajaran guided discovery dengan lab virtual PhET. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Tuban yang seluruhnya berjumlah 96 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis  n-gain score dan uji t-gain, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa meningkat, rencana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery dengan lab virtual PhET ini dapat terlaksana dengan baik, aktivitas belajar siswa berkategori aktif dan respon siswa terhadap  model pembelajaran guided discovery dengan lab virtual PhET juga berkategori baik.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran guided discovery, PhET, hasil belajar siswa, aktivitas,  respon siswa

 

Abstract

This research aims to describe differences of guided discovery learning model with PhET virtual lab on the ability of student’s learning outcomes, students activities, student responses and contraints faced by researches when implementation of guided discovery learning model with PhET virtual lab. The research’s subject is student’s class XI at SMAN 1 Tuban the amount of 96 students. The research design used is one group pre-test post-test design. Based on the results of studies using n-gain score and t-gin analysis, showed that the average scores obtained increased student learning outcomes, lesson plan with used guided discovery learning model with PhET virtual lab can be well implemented, the activities learning students are also categorized as active and students’s responses to guided discovery learning model with PhET virtual lab also either category.  

 

Keywords: Guided discovery learning, PhET student learning outcomes, student activities, student responses

Published
2014-05-24
Abstract Views: 195
PDF Downloads: 287