DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v4n1.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik dan level metakognitif siswa dalam memecahkan masalah pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 18 Surabaya dengan subjek penelitian dari siswa kelas XI MIA 1 sebanyak 12 siswa yang terdiri dari 3 kelompok yaitu kelompok tinggi (T1, T2, T3 dan T4), kelompok sedang (S1, S2, S3 dan S4) dan kelompok rendah (R1, R2, R3 dan R4). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data penelitian diperoleh melalui dokumen jawaban tertulis dan wawancara. Data tersebut dideskripsikan dan dianalisis kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah kelompok tinggi memiliki karakteristik metakognitif dengan indikator berpikir/ membaca menulis apa yang diketahui (P-1), menetapkan tujuan (P-2), merencanakan suatu representasi rumus untuk mendukung pemahaman (P-5), menggunakan aturan seperti rumus (M-2), memantau sesuatu yang dianggap kesalahan (M-3) dan merefleksi pada konsep/ tujuan apakah telah tercapai (R-1) dan menempati level Reflective Use. Kelompok sedang memiliki karakteristik metakognitif dengan indikator (P-1), (P-2), (M-2), dan (M-3) dan menempati level Strategic Use. Kelompok rendah memiliki karaktersitik metakognitif dengan indikator (P-1), (P-2), (M-2) dan (M-3) dan menempati level Aware Use.
Kata Kunci: Karakteristik dan Level Metakognitif, Kesetimbangan Kimia
This study aims to describe and analyze the students’s metacognitive characteristic and its level in chemical equilibrium problem solving. This study was conducted at SMAN 18 Surabaya with 12 subjects from class of XI MIA 1 that consist of 3 groups. They are upper (T1, T2, T3 andT4), middle (S1, S2, S3 and S4) and lower (R1, R2, R3 dan R4) group. This study was a qualitative research with data was obtained through the written answer documents and interviews. Data was described and analyzed to determine the validity of data, a method triangulation was used. The results obtained were : the upper group have metacognitive charaterisitic with indicators thinking/ reading what one knows and doesn’t know (P-1), determining goals (P-2), planning a representation a formula to support understanding (P-5), using rules such as formula (M-2), monitoring something that is considered an error (M-3) and reflecting the consepts/ objectives have been achieved (R-1) and placed in Reflective Use Level . The middle group have metacognitive charaterisitic with indicators (P-1), (P-2), (M-2), (M-3) and placed in Strategic Use Level . The lower group have metacognitive charaterisitic with indicators (P-1), (P-2), (M-2), (M-3) and placed in Aware Use Level.
Keywords: The characteristic and level of metacognitive, Chemical Equilibrium
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

