KETERAMPILAN BERPIKIR MENGANALISIS, MENGEVALUASI, DAN MENCIPTA SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG (ANALYZE, EVALUATE, AND CREATE THINKING SKILL OF STUDENTS ON FACTOR’S OF REACTION RATES IN XI GRADE OF SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG)

  • NURUL LUKITASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri dalam melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi faktor-faktor laju reaksi. Berhasilnya penelitian ini dilihat dari keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan hasil posttest. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan “One Shot Case Study”. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar tes keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa terlatih keterampilan berpikir tingkat tingginya. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal posttest siswa yang mencapai  83% melebihi kriteria ketuntasan minimal (≥ 65%). Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa rata-rata dengan skala penilaian 1-4 pada setiap ranah kognitif yakni C4 (menganalisis) sebesar 3,06; C5 (mengevaluasi) sebesar 4,00; dan C6 (mencipta) sebesar 2,82. Pembelajan inkuiri yang dilaksanakan efektif melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, sebab hampir seluruh siswa tuntas dalam setiap ranah kognitif sebagai indikator dalam mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi, yakni C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta).

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Faktor-Faktor Laju Reaksi.

 

The aim of the research is to identify the effectiveness of the implementation of inquiry learning models to practice higher order thinking skills of students on reaction rate factors. The success of this research can be known from higher order thinking skills of students according to outcomes posttest. The type of this research is descriptive quantitative with “One Shot Case Study”. The research instrument that used was sheet of higher order thinking of students according to outcomes posttest. The result of this research showed that the common students practiced of their higher order thinking skills. This proofed with classical mastery of students posttest has reached  83%, over the criteria mastery minimal (≥ 65%). Higher order thinking skills of students average with scoring scale 1-4, on the level kognitive that C4 (analyze) got 3,06; C5 (evaluate ) got 4,00; and C6 (create) got 2,82. Inquiry learning are implemented effective because the common of students has reached mastery on the level of kognitive in higher order thinking skills that C4 (analyze); C5 (evaluate ); and C6 (create).

Keywords: Inquiry Learning Models, Higher Order Thinking skills, Reaction Rate Factors

Published
2016-02-11
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 234