PENGEMBANGAN PERMAINAN CHEMMY CARD 6-1 BERBANTUAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (DEVELOPMENT OF CHEMMY CARD 6-1 GAME ASSISTED-INTERNET AS AN INSTRUCTIONAL MEDIA)

  • NUR DYANA KHOLIDAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan Chemmy Card 6-1 berbantuan internet sebagai media pembelajaran materi Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Sederhana yang dilihat dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan media. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dirancang menggunakan R & D cycle dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) penyelidikan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, dan (4) uji coba awal. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar telaah media, validasi media, observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar siswa, dan respon siswa. Media ini ditelaah oleh 2 dosen kimia serta divalidasi oleh 2 dosen kimia dan 1 guru kimia sebagai ahli media dan ahli materi serta diujicobakan pada 12 siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Chemmy Card 6-1 berbantuan internet layak digunakan sebagai media pembelajaran Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Sederhana. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil validasi yang mendapat kriteria sangat baik sebesar 86,74%  ditinjau dari persyaratan media, persyaratan permainan sebagai media pembelajaran, dan aspek ke-IPA-an. Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Hasil respon siswa yang ditunjang dengan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan respon yang sangat baik sebesar 91,67%.

Kata Kunci: permainan Chemmy Card 6-1, internet, tata nama IUPAC senyawa anorganik.    

This research aims to determine the feasibility of Chemmy Card 6-1 game assisted-internet as an instructional media of Nomenclature IUPAC of Simple Inorganic Compounds seen of validity, practically, and effectiveness of the media. This type of research is development research that is designed to use the R & D cycle with the steps as follows: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, and (4) preliminary field testing. The research instruments used include sheets of media examine, media validation, observation of student activity, student achievement test, and student responses. This media is examined by two professors of chemical and validated by two professors of chemistry and chemistry teacher as one media expert and specialist materials and tested on 12 students of class XI IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. The results showed that Chemmy Card 6-1 game assisted-internet feasible used as an instructional media of Nomenclature IUPAC of Simple Inorganic Compounds. This is shown from the validation result criteria very well received 86,74% in terms of media requirements, the requirements of the game as a learning media, and aspect of natural science. Results of students learning showed classical completeness amounted to 83,33%. Results of student responses is supported by the observation of student activity showed a very good response 91,67 % .

Keywords: Chemmy Card 6-1 game, internet, nomenclature IUPAC of inorganic compounds. 

Published
2016-02-11
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 80