HUBUNGAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI (REDOKS) KELAS X-1 SMA NEGERI 3 SIDOARJO

  • EKA NURYANA Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara keterampilan metakognisi yang terdiri atas planning skill, monitoring skill, dan evaluation skill dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar terkait dengan keterampilan metakognisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara planning skill dengan hasil belajar siswa diperoleh nilai r sebesar 0,701 dengan interpretasi hubungan cukup, sedangkan hubungan antara monitoring skill dengan hasil belajar  siswa diperoleh nilai r sebesar 0,866 dengan interpretasi hubungan tinggi, dan hubungan antara evaluation skill dengan hasil belajar siswa  diperoleh nilai r sebesar 0,844 dengan interpretasi hubungan  tinggi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognisi siswa dengan hasil belajar siswa

Kata kunci: keterampilan metakognisi, hasil belajar, reaksi redoks

Abstract. The purpose of this study was to determine the relationship between metacognitive skills which consists of planning skills, monitoring skills, and evaluation skills with student learning outcomes. This type of research is correlational research. The instrument used is a matter of test results to learn skills related to metacognition. These results indicate that the relationship between planning skills with student learning outcomes obtained r value of 0.701 with the interpretation of the relationship enough, while monitoring the relationship between students' skill with the r value of 0.866 obtained with high relationship interpretation, and evaluation skills with the relationship between learning outcomes r values ​​obtained for the student with the interpretation of the relationship of high 0.844. From these results we can conclude that there is a significant relationship between metacognitive skills of students with student learning outcomes

Keywords: metacognition skills, learning outcomes, redox reaction

Published
2012-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 706
PDF Downloads: 1148