KELAYAKAN PERMAINAN CUTHATAN KIMIA SEBAGAI MEDIA CHEMOEDUTAINMENT PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR (ELIGIBILITY OF CUTHATAN KIMIA GAMES AS CHEMOEDUTAINMENT MEDIA AT MATERIAL OF TABLE PERIODIC)

  • SENDI ARISTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan Cuthatan Kimia yang dikembangkan pada materi Sistem Periodik Unsur. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian produk. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap studi pengembangan yaitu uji coba terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah, validasi, pretest dan postest, observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Media ini telah ditelaah dan divalidasi, sertadiujicobakan pada 15 siswa kelas X SMA Trimurti Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cuthatan Kimia layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia pada materi Sistem Periodik Unsur. Hal tersebut ditunjukkan dari penilaian validasi yang mendapat kriteria sangat layak dengan persentase sebesar 87,6%ditinjau dari kualitas tampilan, penyajian, bahasa, dan persyaratan sebagai permainan pendidikan. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan pada kategori sedang yang ditunjukkan melalui perhitungan skor gain sebesar 0,5. Persentase aktivitas dan respon siswa masing-masing sebesar 86,7% dan 87,3%, menunjukkan bahwa siswa sangat aktif dan memberikan respon positif.

Kata Kunci: permainan Cuthatan Kimia, chemoedutainment, sistem periodik unsur.

 The aim of this research is to determine the eligibility of Cuthatan Kimia games that developed on the subject matter of table periodic. This type of research including research and development (R&D) consisting of the preliminary study stage, the development of studies and product testing. This research limited to the development of studies on limited testing. Instrument of this research is analyzed sheet, validation sheet, pretest and postest sheet, student activities sheet, and student questionaire response.The media have been reviewed,  validated and tested on 15 students of class X SMA Trimurti SurabayaThe results showed that Cuthatan Kimia worthy to use as learning media of chemistry at table periodic materials. This is shown from the validation assessment criteria gets very decent with a percentage of 87.6% in terms of the quality of appearance, presentation, language, and requirements as educational games. Student learning outcomes showed improvement in the category indicated by the calculation of the gain score of 0.5. The percentage of students activities and responses respectively 86.7% and 87.3%, indicating that the students are very active and gave a positive response.

Key words: Cuthatan Kimia games, chemoedutainment, table periodic.

Published
2014-06-05
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 180