PENERAPAN STRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 SUKOMORO NGANJUK TAHUN AJARAN 2012-2013

  • FARIDA SHOLICHATUN NISA

Abstract

Abstrak

Keterlambatan siswa dalam mengumpulkan tugas telah banyak terjadi khususnya pada kelas VIIIE. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari konselor dan guru mata pelajaran, kelas VIIIE rentan melakukan keterlambatan dalam mengumpulkan tugas atau yang disebut dengan perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menguji penerapan strategi Self Management untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII E Smp Negeri 1 Sukomoro Nganjuk Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental dengan jenis one group pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa kelas VIIIE Negeri 1 Sukomoro yang mempunyai perilaku prokrastinasi akademik tinggi. Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik siswa. Jenis angket yang digunakan angket tertutup dengan 4 alternatif jawaban yaitu, selalu, sering, kadang-kadang dan tidak pernah. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik non parametric dengan uji tanda (sign test). Berdasarkan hasil analisis statistik non parametrik dengan uji tanda maka dapat diketahui N = 6 dan X = 0. Tabel harga X dalam tabel binominal menunjukkan bahwa N = 6 diperoleh ρ = 0,016. Harga ini lebih kecil dari pada α dan berada pada daerah penolakan untuk α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa hipotesis statistik yang berbunyi strategi Self Management dapat menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa VIIIE SMP Negeri 1 Sukomoro Nganjuk Tahun Ajaran 2012-2013.

Kata Kunci:  strategi self-management, prokrastinasi akademik

 

 

Abstract

Many students who are late to collect their work is often met in the school. It also happended in SMPN 1 Sukomoro especially in VIIIE. Based on information which is collected from the counselor and the teacher lesson, the students of VIIIE often late to collect their work and it called as academic procrastination behavior. The purpose of this study is to test the implementation of Self Management’s strategy which is to reduce academic procrastination behavior of the student’s of eight graders of SMPN 1 Sukomoro Nganjuk. This study is using Pre-Experimental research included the type of one pre test and post-test design. The subjects were six students in VIII E which have high academic procrastination behavior. The method that used to collect data is inquiry of students academic procrastination. The type of inquiry used the close inquiry used four used four alternative’s answer as follows, always, often, sometimes and never. Data analysis collected through non parametric’s statistic by sign test. Based on the result of statistic’s analysis of non parametric by sign test so it is known N=6 and X=0. Valve of  X’s table at binominal’s table showed that N=6 is got ρ= 0,016. Thus is valve is smaller than a and exist at the rejected area for a = 0,05. Thus Ho rejected and Ha accepted, means that statistic hipotesis of self management’s strategy can reduce the student’s academic procrastination behavior.

Key words: Self Management strategy, academic procrastination.

Published
2013-05-28
Abstract Views: 169
PDF Downloads: 309