Pengaruh Media Bakar Sate terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Kelompok A

  • Rischa Rofiatul Umah
  • Julianto Julianto

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bakar sate terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Sidoarjo yang berjumlah 37 anak yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas A1 18 anak dan kelas A2 19 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian uji Mann-Whitney U-Test menunjukkan bahwa Uhitung=63 lebih kecil dari Utabel =94, dengan demikian Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media bakar sate terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Sidoarjo.

Kata Kunci: Kemampuan mengenal lambang bilangan, media bakar sate

 

Abstract

This quantitative research aims to determine the effect of media bakar sate toward the ability to know the symbol of number  in group A in TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul, Sidoarjo. The sample in this study is children in group A TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Sidoarjo totaling 37 children were divided into two classes, that is 18 children class A1 and 19 children class A2. Data collection technique used observation by instrument observation sheets and documentation. Data analysis techniques using the formula Mann-Whitney U-Test. The result of research with Mann-Whitney U-Test showed that Uhitung = 63 is smaller than Utabel = 94, so Ho is rejected. It can be concluded that there is significant influence of using media bakar sate toward ability to know the symbol of number in group A in TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul, Sidoarjo.

Keywords: Ability to know symbol of number, media bakar sate

Published
2016-03-14
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 54