PERBEDAAN KEMAMPUAN DISIPLIN ANTARA ANAK YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI PLAYGROUP KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 SURABAYA

  • veronika veronika

Abstract

Taman kanak-kanak adalah salah satu bentuk pendidikan usia dini pada jalur pendidikan formal yang pada umunya usia 4-6 tahun. Ciri pada masa usia dini adalah periode keemasan yang ditandai oleh berkembangnya jumlah dan fungsi sel-sel saraf otak anak. Usia ini sangat penting dalam pembentukan perilaku anak terutama dalam pembentukan perilaku disiplin, karena disiplin merupakan sikap moral seseorang yang tidak dapat secara otomatis melekat pada diri anak sejak lahir melainkan perlu dibentuk dan dibiasakan melalui pola asuh orang tua, guru dan orang-orang disekitarnya. Di lingkungan sekolah disiplin membawa dampak positif terutama kedisiplinan anak dalam kegiatan belajar. Kedisiplinan anak di TK juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan pendidikan anak sebelumnya, misalnya mengikuti Playgroup atau yang sederajat. Peneliti memperoleh data dimana anak-anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya memiliki kemampuan disiplin yang berbeda-beda.
Hal inilah yang menjadi latar belakang peneliti untuk mengetahui perbedaan kemampuan disiplin anak antara anak yang mengikuti dan tidak mengikuti Playgroup di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparasi atau uji beda dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan uji asumsi statistik yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk mengetahui apakah data tersebut homogen atau tidak. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik parametrik dengan menggunakan Uji T.
Dari hasil perhitungan diperoleh Nilai ttabel ( α = 0,05 ) = 1,684 maka kesimpulan dari ketentuan tersebut yaitu thitung ≥ ttabel atau 12,36 ≥ 1,684. Jadi Ha diterima maka data tersebut dinyatakan terdapat perbedaan kemampuan disiplin antara anak yang mengikuti dan tidak mengikuti Playgroup kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul athfal 3 Surabaya.
Kata Kunci: kemampuan disiplin, playgroup.
Abstract
Kindergarten is one of young learner formal education. The children are usually 4-6 years old. The characteristic of this period is that it develops golden age which the number and function of children’s brain neorun. Pre-school age is an important age in building children’s attitude especially in their discipline, because discipline is a moral attitude which cannot grow automatically since the children were born, but it needs to be built through parenting, teacher’s guidance, and people around them. Discipline brings positive effect in the school, especially the children’s discipline in the learning process. Children’s discipline at kindergarten is also affected by the family and the previous education, such as playgroup, etc. The researcher gets the data where the A group children at Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya have the different discipline.
This is the background of this research. This research is used to know the children’s discipline at Aisyiyah Bustanul Athfal 3 kindergarten between those who joined playgroup and those who did not. This research uses comparative research or different test by using quantitative approach. The data collecting techniques used are observation and documentation. The researcher uses statistical assumption test to know whether the data is normally distributed, and homogeneity test to know whether the data is homogeneous. The subjects of this research are all of the A group children at Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. The data analysis technique used is parametric statistics analysis by using T test.
Based on the result, ttabel (α = 0,05) = 1,684 therefore, the conclusion is tcount ≥ ttabel or 12,36 ≥ 1,684. Therefore Ha is a accepted. It can be concluded that there is a different discipline between the children at A group of Aisyiyah Bustanul Athfal 3 kindergarten Surabaya who joined playgroup and those who did not.
Keywords: Discipline, Playgroup.
Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 21