MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP POLA MELALUI MEDIA EVA FOAM PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KHADIJAH II SURABAYA

  • Jamilah Jamilah

Abstract

Dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep pola melalui media EVA foam pada anak kelompok B di TK Khadijah II Surabaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal pola melalui media EVA foam pada anak kelompok B di TK Khadijah II Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang meliputi dua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berurutan yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi di kelas. Berdasarkan analisi data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa penerapan pengenalan konsep pola melalui media EVA foam mengalami peningkatan kemampuan kognitif anak pada siklus I sebesar 69 % dan siklus II hasil yang di capai sebesar 92%. Perilaku yang ditunjukkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pengenalan konsep pola melalui media Eva foam dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Khadijah II Surabaya.

Kata kunci : kemampuan kognitif, media EVA foam

Abstract

This research is formulated by the following problem; How is the increase of the cognitive ability in recognizing the pattern concept through EVA foam media at the children of group B in TK Khadijah II Surabaya. This research is aimed to know the increase of the cognitive ability in recognizing the pattern concept through EVA foam media at the children of froup B in TK Khadijah II Surabaya.This research is Classroom Action Research included two cycles. Each cycle is done alternatively which consist of four steps, those are : 1) planning, 2) action, 3) observation, and 4) reflection. The data of the research is taken from class observation. Based on the analysis of data and the solution, it is obtained the result that the application of recognizing the pattern concept through EVA foam media can increase the cognitive ability of the children in the cycle 1 to 69% and in the cycle II increase to be 92%. The behavior of the children is changed after being given the action. The children more like and enthusiastic in following the learning process and also more active. So, it can be concluded that the application of recognizing the pattern concept through EVA foam media can increase the cognitive ability of the children at group B in TK Khadijah II Surabaya.

Keywords: the cognitive ability, EVA foam media.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 414