PEMANFAATAN MEDIA PERMAINAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A DI PPT KUNCUP HARAPAN SEMOLOWARU SURABAYA

  • Noor Zami`ah

Abstract

Kemampuan Sosial Emosional adalah kemampuan berperilaku sesuai dengan tuntunan sosial, dimana anak dapat menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat di mana anak berada. Perkembangan sosial emosional anak selalu dipengaruhi oleh kematangan pada anak sehingga mempunyai karakteristik yang berbeda dengan orang dewasa. Kemampuan sosial emosional anak di PPT Kuncup Harapan Semolowaru Surabaya mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan karena faktor keluarga dimana anak tinggal di rumah dan tidak berkesempatan untuk bermain di luar rumah. Sehingga mereka bertindak agresif, cepat naik darah, dan kurang menghargai.Penerapan metode permainan diharapkan dapat meningkatkan sosial emosional anak, sehingga dalam proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar, serta anak tidak mengalami kejenuhan karena bermain merupakan bagian yang amat penting dalam tumbuh kembang anak untuk menjadi manusia seutuhnya. Permainan balok adalah suatu permainan biasa dimainkan di tempat yang agak luas. Melalui permainan balok anak dapat menghasilkan kemampuan sosial emosional.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan sosial emosional di PPT Kuncup Harapan Surabaya dan besarnya peningkatannya setelah melalui permainan balok, sedang tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sosial emosional melalui permainan balok di PPT Kuncup Harapan Semolowaru Surabaya.Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka dapat dikemukakan tujuan yang ingin disampaikan sebagai berikut: mendiskripsikan pelaksanaan pembalajaran dengan pemanfaatan media permainan balok, mendeskripsikan bagaiamanakah permainan balok dan mendeskripsikan kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media permainan balok untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok A di PPT Kuncup Harapan Semolowaru Surabaya. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dua macam teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas digunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengumpulan data dan tahap refleksi. Dimana hasil pada Siklus I pertemuan 1 untuk aktivitas guru 62,50% menjadi 75%, aktivitas anak 70,83% menjadi 75% dan kemampuan sosial emosional 58,33%, sedangkan Siklus II untuk aktivitas guru pertemuan 1 75% menjadi 87,50% (pertemuan 2), aktivitas anak pertemuan 1 75% menjadi 87,50% dan kemampuan sosial emosional anak 87,50%.

Kata kunci : Media Permainan Balok, Metode Permainan, Sosial Emosional, Anak Usia Dini.

A B S T R A C TSocial skills are ability to behave according to social guidance in which children can adjust themselves to rules applied in community where they are. Children’s social emotional development is always influenced by their maturity so they have different characters compared to adults. Children’s social emotion skills in PPT Kuncup Harapan Semolowaru Surabaya have difficulties. This is caused by family factors where they live at home and have no any chance to play outdoor. Hence they act aggressively, be hotheaded and lack of respect.Games method application is expected to be able to boost children’s social emotional skills so teaching and learning process can be smoothly carried out and they do not get bored sinc e playing is one of the most important thing in children development to be perfect humane. Bar game is a game played in large place. Through the bar games children are able to get the social emotional skills.Problem eagerly studied in this research is improvement of the social emotional skills in PPT Kuncup Harapan Surabaya. How much improvement will be obtained after doing the bar games ? This research goal is to discover the social emotional improvement through the bar games in PPT Kuncup Harapan Semolowaru Surabaya.Based on the above formulation of the problem, it can be stated objectives to be delivered as follows: describing the implementation of learning with the use of game media beams, beam and describe how the game describes the obstacles that occur in the implementation of learning to use the media to improve the beam game social emotional skills of children in group A in PPT Kuncup Harapan Semolowaru Surabaya. While data collectionPemanfaatan Media Permainan Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional AnakKelompok A di PPT Kuncup Harapan Semolowaru Surabayatechniques in this study used two kinds of data collection techniques of observation and documentation. In the action research used a qualitative descriptive analysis.Action research in class is taken in the study that utilizes 2 cycles. Each cycle consists of two sessions of planning, performance, data collection, and reflection phases. In the 1st session of first cycle the teacher activity shows the increasing result from 62.5% to 75%, the children activity from 70.83% to 75% and the social emotional skills to be 58.33%. Whereas the teacher activity in the 1st session of second cycle denotes the raising result from 75% to 87.5% in the 2nd session, the children activity in the 1st session from 75% to 87.5% and the social emotional skills to be 87.5%.

Keywords : the bar games media, the social emotional early childhood

Published
2013-10-01
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 159