PENGEMBANGAN PERMAINAN GAMPARAN MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK

  • Hesty Fridayanti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang adanya minat dan ketertarikan dari anak untuk mengikuti kegiatan motorik kasar yang ada di sekolah mereka. Hal ini dikarenakan belum banyak inovasi yang diberikan pada setiap kegiatan yang berhubungan dengan peningkatkan kemampuan motorik kasar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan gamparan modifikasi untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak serta untuk mengetahui apakah permainan gamparan modifikasi efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development atau Penelitian dan Pengembangan. Pada penelitian dan pengembangan ini terdapat beberapa tahapan, yaitu: (1) Studi Pendahuluan, (2) Uji Coba Terbatas dan Uji Coba Lebih Luas, (3) Uji Produk dan Sosialisasi Hasil. Dalam studi pendahuluan menghasilkan sebuah produk berupa buku pemainan gamparan modifikasi yang akan diuji coba dan disosialisasikan. Sebelum di sosialiasikan di TK PSM II Takeran, produk tersebut diujicobakan ke 6 TK di daerah magetan, yaitu: Tarbiyatul Atfal (TA) PSM III Takeran, Tarbiyatul Atfal (TA) PSM I Takeran, TK Islam Birul Walidain, TK Dharmawanita Tawangrejo, TK Dharmawanita Sawojajar, dan TK Negeri Pembina Takeran. Selanjutnya peneliti kembali untuk mensosialisaikan di TK PSM II Takeran. Dalam sosialisasi tersebut dilakukan dengan eksperimen, yaitu membandingkan efektivitas dan efesiensi kegiatan lama dengan baru. Jenis penelitian menggunakan one group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon.
Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan motorik kasar pada saat pre tes dan pos tes menggunakan permainan gamparan modifikasi diperoleh nilai rata-rata hasil pre tes 11,2 dan rata-rata hasil pos tes 16,2. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung< t tabel (0<30) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan gamparan modifikasi efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok B di Taman Kanak-kanak.

Kata kunci: permainan gamparan modifikasi, motorik kasar, anak usia dini.

Abstract

The research was motivated by a lack of interest and the interest of the child to follow the existing gross motor activities in their schools. This is because not a lot of innovation is given on any activities related to the improvement of gross motor skills. The objectives of this research is to develop a game gamparan modifications to improve the child's gross motor skills as well as to determine whether the game gamparan effective modifications to improve the gross motor skills of children in group B.
The design of this research study Research and Development or Research and Development. On research and development, there are several stages, namely: (1) Preliminary Studies, (2) Trial and Trial Limited Wider, (3) Product Test Results and socialization. In a preliminary study resulted in a product form modification gamparan game due to a book that will be tested and socialized. Before in sosialiasikan in kindergarten Takeran PSM II, the product tested to 6 Kindergarten in Magetan areas, namely: Tarbiyatul Atfal (TA) PSM III Takeran, Tarbiyatul Atfal (TA) PSM I Takeran, Islam Birul Walidain TK, TK Dharmawanita Tawangrejo, TK Dharmawanita Sawojajar, and TK Takeran State Trustees. Furthermore, researchers back in kindergarten for socialization of PSM II Takeran. In this socialization is done with the experiment, which compared the effectiveness and efficiency of the old with the new activities. This type of research uses one group pretest-posttest design. Data collection techniques in this study is the observation made. Analysis using non-parametric statistical test Wilcoxon marked degree. Based on the analysis of data on gross motor skills in pre test and post test using modifications gamparan game earned an average value of pre-test results of 11.2 and an average of the results of the post test 16.2. Calculation results obtained with test levels t <t table (0 <30) so that Ha is accepted and Ho is rejected. Conclusions This study shows that the game gamparan modifications effective in improving gross motor abilities of early childhood group B in kindergarten.

Keywords: game gamparan modification, gross motor skills, early childhood.

Published
2013-10-01
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 323