PENGARUH PERMAINAN MAGIC BOX TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK DAN WARNA ANAK KELOMPOK A DI TK BUDI LUHUR SURABAYA

  • Fanti Rohmawati
  • Nurul Khotimah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Budi Luhur Surabaya dalam mengenal bentuk dan warna. Hal ini disebabkan karena guru seringkali menggunakan media LKA tanpa memberikan kegiatan bermain yang menyenangkan bagi anak, sehingga kemampuan kognitif anak cenderung rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan adanya pengaruh permainan  Magic Box terhadap kemampuan kognitif mengenal bentuk dan warna anak kelompok A di TK Budi Luhur Surabaya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Adapun sampel penelitian sebanyak 24 anak. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas konstruksi, sedangkan uji reliabitas menggunakan uji reliabilitas pengamatan. Analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs test.

Hasil perhitungan diperoleh bahwa skor total pretest kemampuan kognitif mengenal bentuk dan warna menunjukkan hasil 108 sedangkan skor total posttest menunjukkan hasil 183, sehingga hasil perhitungan  diketahui bahwa nilai Thitung yang diperoleh adalah 0. Kemudian Thitung dibandingkan dengan TTabel dengan taraf signifikan 0,05 dan N=24. Dari tabel nilai kritis untuk uji jenjang bertanda wilcoxon diketahui bahwa nilai TTabel untuk N=24 dan taraf signifikan 0,05 adalah 81. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh permainan Magic Box terhadap kemampuan kognitif mengenal bentuk dan warna anak kelompok A di TK Budi Luhur Surabaya.

Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Permainan Magic Box

Abstract

This research is based on by A group of children at Budi Luhur kindergarden Surabaya are experiencing problems in the cognitive development to recognize shapes and colors. The reason that the teaching and learning strategies in learning activities, teachers often use the worksheet media without giving fun activities for children, so that children tend to have low cognitive abilities. The purpose of this study to prove the influence of the game against the Magic Box cognitive ability to recognize shapes and colors in A group of children at Budi Luhur kindergarden Surabaya

This research uses pre experimental research design with one-group pretest-posttest design. The data collecting technique that used are observation and dokumentation. There are 24 children who become the subject of this research. To get the validity of the instrument, the researcher uses construct validity.To get the  reliability using by the test observation. The data is analyzed by using wilcoxon match pairs test.

Based on the counting process,the total score of the pretest cognitive ability to recognize shapes and colors all children A class amount to 108 while the total score of the posttest shows 183 results, so the results of the calculation of t is known that the value obtained is 0. Then tcount compared with table with significance level of 0.05 and N = 24. From the table of critical values ​​for the Wilcoxon test marked ladder known that table value for N = 24 and a significance level of 0.05 is 81. It can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, then there is the influence of the game against the Magic Box cognitive ability to recognize shapes and colors A group of children at Budi Luhur kindergarden Surabaya.

Keywords: Cognitive Ability, Magic Box Game
Published
2014-06-01
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 749