PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE BERMEDIA PAPAN FLANEL MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU 38 WARU SIDOARJO

  • Suryani Suryani
  • Sri Joeda Andajani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo yang selama ini masih dilakukan secara konvensional dengan mengerjakan lembar kerja anak dan menulis angka di papan tulis. Mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak perlu dilakukan dengan cara yang tepat, salah satunya dengan pembelajaran kooperatif teknik inside-outside circle bermedia papan flanel modifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif teknik inside-outside circle bermedia papan flanel modifikasi terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design menggunakan One-Shot Case Study. Subyek penelitian berjumlah 16 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi sebagai sumber data primer dan dokumentasi sebagai sumber data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik menggunakan uji tanda (sign test) dengan rumus hhitung ≤ htabel. Jika hhitung ≤ h tabel, maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh dua variabel. Hasil analisis data dengan uji tanda diperoleh h hitung = 1 dan htabel = 3 dengan taraf kesalahan 5%, sehingga hhitung < htabel (1<3). Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berarti dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran kooperatif teknik inside-outside circle bermedia papan flanel modifikasi terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif teknik inside-outside circle, mengenal lambang bilangan

Abstract

This research was formed background by learning to develop recognizing number sign ability to group A children in TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo which was still done conventionally by doing textbook and write the number sign on the board. The development of number sign ability should done exactly. One of it is using learning of cooperative learning of inside-outside circle technique with flannel board modification media. The purpose of this research was to prove whether there was influence of cooperative learning of inside-outside circle technique with flannel board modification media toward recognizing number sign ability to group A children in TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo. This research used quantitative approach with pre-experimental design using One-Shot Case Study. The subjects were 16 children. The data collection method used observation as primer data resource and documentation as secondary data resource. The data analysis applied was statistic non parametric with sign test and the formula used hcounted ≤ htable . If the score of hcounted ≤ htable the result of this research is significant there is an ef ect of two variable. Based on the data analysis result with sign test it was obtained hcounted = 1 and htable = 3 with mistake level 5%, so that hcounted < htable (1<3). Thus it could be said that alternative hypothesis (Ha) was accepted and null hypothesis (Ho) was refused. So it can concluded that there was influence of cooperative learning of inside-outside circle technique with flannel board modification media toward recognizing number sign ability to group A children in TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo.

Keywords: cooperative learning of inside-outside circle technique, recognizing number sign

Published
2014-06-01
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 1394