MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE BIJI-BIJIAN DI KELOMPOK BERMAIN

  • Uswatun Chasanah
  • Nurul Khotimah

Abstract

Pengembangan fisik motorik halus sangat penting untuk anak usia dini karena akan menciptakan pengalaman-pengalaman yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan sikap positif untuk perkembangan anak secara optimal. Pengembangan motorik halus pada Kelompok Bermain biasanya dengan kegiatan meronce. Dari hasil observasi, diketahui anak Kelompok Bermain Ceria Gondang Kecamatan Gondang Mojokerto kurang berani menunjukkan kreatifitasnya dan kurang percaya diri dalam meronce. Hal ini terlihat dari hasil karya anak yang rata-rata sama dengan contoh yang diberikan guru. Realitas ini disebabkan oleh media yang digunakan meronce kurang menarik. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana aktifitas guru dan aktifitas anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan meronce biji-bijian di Kelompok Bermain Ceria Gondang Kecamatan Gondang Mojokerto.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Ceria Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto dengan jumlah anak didik sebanyak 25 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.Data pada siklus I diperoleh aktifitas guru sebesar 72%, aktifitas anak sebesar 74% dan hasil kemampuan motorik halus anak sebesar 60 %, sehingga hasil penelitian belum memenuhi standar kriteria tindakan yaitu ≥ 76%. Oleh sebab itu dilakukan perbaikan tindakan lagi pada siklus II dengan hasil aktifitas guru sebesar 89%, aktifitas anak sebesar 81% dan hasil kemampuan motorik halus anak sebesar 88 %. Berdasarkan data pada siklus II, maka penelitian ini berhasil sesuai dengan kriteria tindakan yang diharapkan dan dapat disimpulkan melalui kegiatan meronce biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak Kelompok Bermain Ceria Gondang Kecamatan Gondang Mojokerto.

Kata Kunci : Kemampuan motorik halus, meronce biji-bijian

Abstract

Physical development of fine motor skills is essential for early childhood because it will create experiences that can foster self-confidence and a positive attitude for optimal child development . Fine motor development in preschool activities usually meronce . From the observation , known Cheerful preschool children Ceria Gondang District of Gondang Mojokerto less daring to show his creativity and lack of confidence in meronce . This is evident from the work of an average child at the example set by the teacher . This reality caused by the medium used meronce less attractive . The purpose of this classroom action research was to describe how the activities of teachers and children's activities to improve fine motor skills as well as to describe the increase in the child's fine motor skills through activities meronce grains in the District Playgroup Ceria Gondang District of Gondang Mojokerto .This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle . In each cycle consists of four stages , namely , planning , implementation , observation and reflection . The subjects were preschool children Ceria Gondang District of Gondang Mojokerto the number of students by 25 children . Data collection techniques in this study using observation and documentation . Analysis of the data used is descriptive statistics .The data obtained in the first cycle activities of teachers by 72 % , kids activities by 74 % and the child's fine motor skills by 60 % , so the research results have not met the criteria for action that is ≥ 76 % . Therefore remedial actions performed again on the second cycle with the results of the activities of teachers by 89 % , kids activities by 81 % and the fine motor abilities by 88 % . Based on data from the second cycle , it can be concluded that through meronce grains can improve fine motor skills in preschool children Ceria Gondang District of Gondang District of Mojokerto .

Keywords : fine motor skills , meronce grains

Published
2014-06-01
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 317